Bobby Nasution Ingin Sumut Jadi Daerah Restorative Justice

Bobby Nasution Ingin Sumut Jadi Daerah Restorative Justice
Bobby Nasution Ingin Sumut Jadi Daerah Restorative Justice (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Simalungun - Ketua Dewan Penasihat Asosiasi Kepala Desa Seluruh Indonesia (AKSI) Sumut, Bobby Nasution, kembali bicara soal keterjaminan keadilan bagi masyarakat khususnya masyarakat desa di seluruh wilayah Sumut.

Kali ini Bobby menyampaikan harapan itu di kegiatan Pelantikan DPC AKSI Kabupaten Simalungun, bertempat di Lapangan Kantor Bupati Simalungun, Kamis (12/9).

"Kita ingin sebenarnya Sumut ini bisa menjadi daerah restorative justice, persoalan yang gak perlu-perlu sampai ke ranah hukum yang berlebih, gak usah," kata Bobby Nasution dalam sambutannya.

Menurut Bobby, hal itu perlu dilakukan khsususnya pada daerah-daerah yang memiliki potensi besar di sektor ekonomi. Biasanya, kata Bobby, daerah itu sering terjadi kesealahpahaman antara pihak perusahaan dengan masyarakat.

"Ini jujur, biasanya kita di daerah sering terjadi singgungan, dan yang banyak saya temui dan yang ngadu biasanya persoalan masyarakat dengan perusahaan-perusahaan, apalagi perusahaan yang berbentuk budidaya seperti sawit dan lain-lain, misalnya hanya ngambil brondolan panjangnya luar biasa kasusnya," tuturnya.

Kemudian, Bobby mengungkapkan keinginannya agar Sumut memiliki rumah restorative justice sampai ke tingkatan desa. Supaya, kata Bobby, masyarakat yang tersandung masalah tidak harus dijerat hukum dan dapat terlindungi.

"Kita pengen nanti Sumut ini nanti ada rumah restorative justice sampai ke tingkat desa-desa. Jadi persoalan masyarakat memang ada persoalan hukumnya, tapi jika hanya remeh temeh dibanding persoalan hari ini Sumut peringkat satu persoalan narkoba, mending kita ngurusi seperti itu," lanjutnya.

Terakhir, Suami Kahiyang Ayu itu berharap agar Rumah Desa Bersatu yang digagas oleh DPC AKSI Simalungun dapat menjadi wadah masyarakat desa untuk menyelesaikan segala konflik sosial warga desa.

"Rumah Desa Bersatu, harapan kita nanti ini bisa juga menjadi tempat masyarakat bukan hanya para kepala desa, pemerintah atasannya, tapi juga bisa mnyelesaikan konflik-konflik sosial yang ada di masyarakat sehingga tidak menjadi sebuah konflik yang tunggu viral dulu baru diselesaikan," sebut Bobby Nasution.

Sebelumnya, saat Bobby dan Surya akan mendaftarkan diri untuk maju sebagai Bapaslon Cagub-Cawagub Sumut di Pilkada 2024 ke KPUD Provinsi Sumut, Bobby juga menyebut akan menjamin peran dan keterlibatan masyarakat pedesaan melalui program restorative justice.

"Untuk menjamin peran dan keterlibatan masyarakat pedesaan, kita akan jamin keadilan untuk masyarakat melalui Program Restorative Justice yang akan hadir di seluruh desa di Sumatera Utara," kata Bobby di Rumah Pemenangan Bobby-Surya, Jalan Balai Kota, Rabu (28/8).

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi