Chinese Corner UMSU Diresmikan, Koleksi Buku Terlengkap di Medan

Chinese Corner UMSU Diresmikan, Koleksi Buku Terlengkap di Medan
Chinese Corner UMSU Diresmikan, Koleksi Buku Terlengkap di Medan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Konsulat Jenderal Tiongkok di Medan bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara membuka Chinese Corner atau Pojok Tiongkok di Kampus UMSU yang berisikan ratusan buku klasik dan modern.

Pembukaan ditandai dengan melepas kain selubung Chinese Corner oleh Wakil Konjen Tiongkok Xu Cunjuan dan Wakil Rektor III UMSU Rudianto disaksikan Istri Konsul Jenderal Tiongkok Liu Yuqing, Kepala Perpustakaan UMSU Muhamamad Arifin di Perpustakaan UMSU, Jumat (14/9).

Wakil Konjen Tiongkok Xu Xunjuan menjelaskan peresmian Chinese Corner yang terletak di Perpustakaan UMSU itu merupakan tindak lanjut kerjasama antara Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dengan Konsulat Jenderal Tiongkok di Medan yang sudah dimulai beberapa waktu lalu dengan kedatangan Konsul Jenderal Tiongkok Zang Min beserta Istri ke UMSU untuk memberikan kuliah umum beberapa waktu lalu.

Saat itu Konsul Tiongkok Zang Min dan Rektor UMSU Prof Dr Agussani MAP membahas peluang beberapa program yang akan dilakukan antara lain pembukaan Pojok Tiongkok dan Institut Confisius di UMSU hingga kolaborasi dengan perguruan tinggi di China.

Pihak Konjen Tiongkok sangat serius dengan mengirimkan 300 buah buku dan beberapa benda seni kepada UMSU untuk mendukung pendirian Chinese Corner.

“Ini kolaborasi luar biasa, konjen Tiongkok langsung memberi 300 buah buku yang sangat bagus dan menarik kepada UMSU,” ujarnya.

Rektor UMSU Prof Dr Agussani MAP dalam keterangannya menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada pihak Konjen Tiongkok. Ia yakin kehadiran Chinese Corner akan meningkatkan pengetahuan sivitas akademika tentang peradaban dunia terkhusus Tiongkok yang memiliki kultur ilmu pengetahuan dan kebudayaan yang tinggi.

Ia jua merasa bangga karena semakin banyak mitra luar negeri yang percaya berkolaborasi dengan UMSU. “Alhamdulillah ini sebuah rekognisi bagi UMSU, Insya Allah akan terus kita jaga dan tingkatkan,” tambahnya.

Sementara itu Istri Konsul Jenderal Tiongkok Liu Yuqing menjelaskan buku-buku yang ada di Chinese Corner UMSU merupakan yang terlengkap di Medan.

Beberapa buku istimewa ikut diberikan antara lain buku tentang Warisan Budaya China di Dunia, buku tentang bagaimana Counfisius mengajarkan pengetahuan kepada murid-muridnya, buku tentang kuliner, seni musik, sastra, arsitektur, melukis, politik, sosial hingga Islam di Cina juga ikut diberikan.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi