Bulutangkis, Jawa Tengah Bawa 3 Emas, Jawa Barat 2

Bulutangkis, Jawa Tengah Bawa 3 Emas, Jawa Barat 2
Pebulutangkis tunggal putri, Sausan Dwi Ramadhani menggigit medali emas usai memberi keterangan kepada awak media, Kamis (19/9). Wakil Jawa Tengah ini memperoleh emas setelah mengalahkan kontingen Jawa Timur, Aurelia Salsabilla di partai final di GOR PBSI (Analisadaily/Cristison Sondang Pane)

Analisadaily.com, Medan - Pebulutangkis Jawa Tengah harus puas karena hanya bisa membawa 3 medali emas dari cabang bulutangkis pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh - Sumut di Gedung Olahraga Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (GOR PBSI) Sumatera Utara, Kamis (19/9). Meskipun, kontingen ini sebenarnya punya peluang untuk menambah torehan emas menjadi 4.

Emas pertama disumbang Richie Duta Richardo (4), usai mengalahkan rekan setimnya, Moh. Zaki Ubaidillah (1) 21-10, 18-21 dan 14-21. Kedua, Sausan Dwi Ramadhani, yang memutus harapan wakil Jawa Timur, Aurelia Salsabila, 21-17 dan 21-18.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada orang yang mendukung saya di GOR PBSI ini. Mama saya juga menyampaikan beri yang terbaik,” kata Richie.

Kendati menang, dia memuji penampilan Ubaidillah, yang merupakan unggulan pertama. .

“Ubaid gaya bermainnya mengontrol dan nyerang, dia di depan lumayan bagus,” ucapnya.

Tunggal putra asal Jawa Tengah, Richie Duta Richardo, merayakan kemenangannya usai meraih medali emas pada PON XXI Aceh - Sumut di GOR PBSI Sumut, Kamis (19/9). Richie sebelumnya mengalahkan Moh. Zaki Ubaidillah di partai final.
Emas ketiga dipersembahkan pasangan ganda putri, Ardita Anjani/Titis Maulida Rahma (1), setelah menekuk rekan setimnya juga, Bernadine Anindya Wardana/Velisha Christina (2), 21-14 dan 21-17.

Upaya Jateng menambah emas akhirnya gagal setelah Michael Owen/Bernadine Anindya Wardana takluk dari ganda campuran Jawa Barat, Muhammad Rafi Alayman Jafar/Farica Abela pada laga pembuka partai final dengan skor 21-16, 23-25 dan 11-21. Emas pun diraih Jabar.

“Kami mengucapkan syukur, akhirnya emas pertama dari bulutangkis bisa kita dapatkan, mudah-mudahan nanti di ganda kedua kami merebut emas,” kata Wakil Manajer Bulutangkis Jawa Barat, Deden Ahmad Yani usai menyaksikan anak asuhnya berlaga.

Muhammad Rafi Alayman Jafar/Farica Abela memberi keterangan usai meraih emas di GOR PBSI Sumut, Kamis (19/9). Ganda campuran Jawa Barat ini mengalahkan wakil Jawa Tengah, Michael Owen/Bernadine Anindya Wardana di final PON XXI Aceh - Sumut.
Jawa Barat yang mengirim dua wakil ke final tidak menyia-nyiakan kesempatan, dan akhirnya menggandakan emas untuk dibawa pulang. Emas kedua itu dipastikan oleh Galuh Dwi Putra/Muhammad Gibran Arfiansyah (2) usai menang atas ganda putra Jawa Timur, Gilang Krisandi Toyo Pramana/Kleopas Binar Putra Prakoso (4), 21-19 dan 21-13.

“Target kita memang tiga emas, seperti di Papua, kita bisa mempertahankan juara umum, namun ya, apapun hasilnya kita harus syukuri,” sambung Deden.

Setelah Richie Duta memperoleh medali emas, dia masih memiliki target-target untuk mengikuti turnamen tidak hanya di tingkat nasional, tapi juga internasional, seperti World Junior Championships 2024.

Peraih medali emas

“Setelah ini, saya akan ikut WJC, mungkin perolehan emas ini bisa mempengaruhi, saya bisa lebih percaya diri, tapi gak boleh kelewatan, harus tetap dijaga. Itu WJC pertama. Saya berusaha semaksimal mungkin,” tutur Richie kepada awak media.

Tidak jauh berbeda, Sausan juga akan mengikuti kejuaraan tersebut di Nanchang, China pada 30 September-13 Oktober 2024.

“Saya ingin ikut WJC. Target sih, karena pemainnya juga dari luar, pasti pengalamannya mereka sudah lebih banyak. Targetnya bermain maksimal dulu ya. Kalau medali, semua pasti pingin ya, tapi kita ‘siapin’ dulu latihannya, masih ada seminggu,” ucap Sausan.

Berikut daftar lengkap peraih medali emas dari cabang bulutangkis PON XXI Aceh - Sumut:

Tunggal putra: Moh. Zaki Ubaidillah (1) vs Richie Duta Richardo (4) (Jawa Tengah)

Tunggal putri: Sausan Dwi Ramadhani (Jawa Tengah) (6) vs Aurelia Salsabila (Jatim)

Ganda putra: Gilang Krisandi Toyo Pramana/Kleopas Binar Putra Prakoso (4/Jawa Timur) vs Galuh Dwi Putra/Muhammad Gibran Arfiansyah (2/Jawa Barat)

Ganda putri: Ardita Anjani/Titis Maulida Rahma (1/Jawa Tengah) dan Bernadine Anindya Wardana/Velisha Christina (2) (Jawa Tengah)

Ganda campuran: Michael Owen/Bernadine Anindya Wardana (Jawa Tengah) vs Muhammad Rafi Alayman Jafar/Farica Abela (Jawa Barat)

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi