Simulasi Penanganan Kebakaran

Simulasi Penanganan Kebakaran
Rutan Tarutung dan Damkar Taput saat mengadakan simulasi penanganan bencana kebakaran (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.Com, Tarutung - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Tarutung bekerjasama dengan Pemadam Kebakaran Tapanuli Utara (Damkar Taput) mengadakan simulasi penanganan kebakaran, di Lapangan Rutan setempat, Selasa, (24/9).

Kepala Rumah Tahanan Negara (Karutan) Kelas II B Tarutung, Evan Yudha Putra Sembiring mengatakan, simulasi ini dilakukan sebagai langkah preventif dalam menghadapi potensi bahaya terjadinya kebakaran.

"Simulasi ini sebagai langkah preventif untuk keamanan dan keselamatan di lingkungan Rutan,"ujarnya.

Dia mengatakan, dalam simulasi ini dijelaskan bagaimana cara dan kesiapsiagaan para petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dalam menghadapi situasi darurat dalam Rutan.

"Terutama dalam hal yang menyangkut terjadinya kebakaran,"katanya.

Dia menambahkan, pada proses simulasi ini, tim Damkar Rutan Tarutung bersama Damkar Taput juga menjelaskan bagaimana cara menghadapi dan menangani api yang muncul.

"Selanjutnya dilakukan pelatihan evakuasi dan penggunaan alat pemadam kebakaran ringan (APAR),"tambahnya.

Selain mengadakan simulasi, Evan menambahkan pihaknya juga sekaligus mensosialisasikan terkait pentingnya kesadaran akan risiko kebakaran serta langkah-langkah yang harus dilakukan sehari-hari.

Pihaknya berharap dengan adanya simulasi ini, Rutan Tarutung semakin dapat meningkatkan kesiapsiagaan dan kecepatan respon dalam menangani bencana.

"Serta memastikan bahwa prosedur evakuasi dapat berjalan lancar untuk keselamatan bersama,"imbuhnya.

(CAN/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi