UISU Perluas Jangkauan Pendidikan Tinggi dengan Buka Program S3

UISU Perluas Jangkauan Pendidikan Tinggi dengan Buka Program S3
UISU Perluas Jangkauan Pendidikan Tinggi dengan Buka Program S3 (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah I Sumatera Utara Prof Drs Saiful Anwar Matondang, MA, PhD menyerahkan surat keterangan (SK) Izin Pembukaan Program Studi S3 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UISU kepada Ketua Umum Yayasan UISU Ir Indra Gunawan, MP di Auditoriun Pusat Administrasi Kampus Induk UISU Jl. SM Raja Medan, Sabtu (28/9).

Penyerahan SK Izin Pembukaan Prodi S3 Manajemen, bersamaan kuliah umum rutin UISU, yang kali ini narasumbernya Kepala LLDIKTI Wilayah I Sumut dan Ketua Pembina Yayasan Badan Wakaf UII Jogjakarta.

"Tentunya kita bersyukur atas capaian ini. Alhamdulillah UISU telah memiliki dua prodi S3, menyusul prodi Kajian Bahasa Inggris yang sudah berjalan tiga semester," kata Matondang.

Matondang mengatakan, LLDIKTI yang mengemban tugas pokok melaksanakan fasilitasi peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi berupaya semaksimal mungkin meningkatkan mutu PTS di bawah naungannya. Ua berharap UISU segera mengusulkan Prodi S3 Ilmu Pertanian_ fakultas yang memiliki Guru Besar paling banyak, dan juga Ilmu Hukum yang sedikit lagi terpenuhi persyaratannya, yakni SDM Dosen.

"Kami yakin UISU yang memilik jumlah guru besar terbanyak di LLDIKTI Wilayah I Sumut (21 orang) tidak akan kesulitan memenuhi jumlah minimum SDM dosen. Kami juga mendorong UISU meningkatkan kualitas pembelajaran dengan mengacu 9 standar akreditas program studi, agar predikat unggul segera tercapai," ujarnya mengapresiasi Pengurus Yayasan UISU yang mensupport Akademik UISU meningkatkan mutu dan terus menjaga kondusifitas.

Sementara, Ketua Umum Yayasan UISU Indra Gunawan menjelaskan, dengan diserahkannya SK tersebut, maka di semester ganjil TA 2024-2025 UISU dapat menerima mahasiswa baru Prodi S3 Manajemen FEB.

"Insya Allah menuai berkah dan meningkatkan kepercayaan masyarakat pada UISU yang menjadi icon PTS di luar pulau Jawa," katanya didampingi Sekretaris Umum Yayasan M Idris, SH, MH, Bendahara Umum Ir Armansyah, MT, Kabid dan Sesbid PK, Kabid dan Sesbid ADI, Kabid dan Sesbid OSDM, Kabid dan Sesbid DUH, serta Bendahara.

Indra mengatakan, atas nama pribadi dan Yayasan UISU mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi pada Kepala LLDIKTI Wilayah I Sumut yang telah mensupport secara full UISU, mulai dari pengusulan hingga terbitnya SK.

"Juga kepada Rektor UISU dan jajaran, Dekan FEB dan jajaran serta segenap tim yang terlibat dalam persiapan dan pengusulan," sebutnya.

Rektor UISU Prof Dr Safrida, SE, MSi juga menyampaikan rasa syukur terbitnya SK Izin Pembukaan Prodi S3 Manajemen.

"Ini merupakan perjuangan panjang dan sangat serius yang kita lakukan. Terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kepala Lembaga LLDIKTI Wilayah I Sumut yang membantu UISU secara penuh hingga terbitnya SK. Juga kepada seluruh jajaran Akademik UISU khususnya Pimpinan FEB UISU dan seluruh tim yang terlibat," sebut Rektor.

Menurutnya, semua sivitas dan warga UISU punya mimpi sama, yakni UISU menjadi PTS terbaik di lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumut dan nasional, bahkan internasional.

"Alhamdulillah satu persatu mimpi-mimpi kita terwujud, salah satunya terbit izin Prodi S3 Manajemen ini. Akademik UISU juga terus meningkatkan capaian-capaian yang dapat meningkatkan penilaian akreditasi. Sinergisitas dengan pengurus yayasan UISU yang terbina selama ini sangat signifikan tercapainya percepatan dalam peningkatan mutu akademik," ujarnya didampingi Wakil Rektor I Prof Dr Marzuki, SH, M.Hum, Wakil Rektor II Dr Ramadona Simbolon, SE, Msi, Wakil Rektor III Ir Abdul Haris, MT, Wakil Rektor IV Andang Suhendi, SS, MA serta Ketua Lembaga di lingkungan UISU.

Hal sama dikatakan Dekan FEB UISU Dr Supradi, SE, MM, MSi. "Ini anugrah yang besar bagi UISU khususnya FEB. Terima kasih kepada LLDIKTI Wilayah I Sumut, Pengurus Yayasan UISU, Rektor UISU, Pimpinan FEB dan seluruh tim yang terlibat mulai dari persiapan, pengusulan hingga terbitnya SK Izin Pembukaan Program Studi S3 Manajemen.

Ia berharap capaian itu menjadi penyemangat bagi sivitas akademika UISU untuk terus mengabdi dan mendarma baktikan diri membesarkan UISU. "Kami mengajak pimpinan fakultas yang ada di UISU mencari peluang-peluang yang dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat pada UISU. Fakultas lainnya di lingkungan UISU memiliki potensi sama dengan FEB, khususnya dalam pembukaan prodi baru," katanya.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi