FEB-USU Bantu Mesin Retort Sterilizer kepada UMKM Sumbar

FEB-USU Bantu Mesin Retort Sterilizer kepada UMKM Sumbar
Tim Pengabdian FEB-USU memberikan Mesin Retort Sterilizer kepada UMKM Lokana di Luhung Pasar Baru Bayang Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat, Jumat (11/10). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Tim Pengabdian Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara (FEB-USU) memberikan Mesin Retort Sterilizer kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Lokana di Luhung Pasar Baru Bayang Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat, Jumat (11/10).

Kegiatan ini bertujuan membantu UMKM Lokana meningkatkan kualitas penjualannya dengan memberikan mesin Retort Sterilizer serta memberikan pelatihan dan sosialisasi guna memperpanjang usia penyimpanan rendang.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Irsad SE., M.Soc.Sc., Ph.D mengutarakan UMKM memiliki peran penting dalam meningkatkan taraf
hidup masyarakat melalui penciptaan lapangan kerja. Namun, tantangan seperti kurangnya akses pasar, daya saing pemasaran, pemahaman regulasi, serta rendahnya kualitas SDM dalam hal kompetisi dan keterampilan menjadi hambatan bagi perkembangan UMKM.

Adapun permasalahan mitra berdasarkan pra survei yang telah dilakukan yaitu kurangnya pengetahuan tentang pengemasan yang lebih baik guna memperpanjang umur simpan produk, sehingga produk bisa lebih tahan lama. Saat ini produk rendang lokan dan variasi lainnya hanya memiliki masa kedaluarsa kurang dari enam bulan. Permasalahan selanjutnya usaha ini belum memiliki website resmi dan tenaga ahli didalam bidang pemasaran digital produk.

Sejauh ini pemasaran masih dilaksanakan owner secara pribadi. Berdasarkan analisis permasalahan mitra, maka solusi yang diberikan tim pengabdian untuk menyelesaikan permasalahan prioritas kepada mitra membantu UMKM Lokana guna meningkatkan kualitas penjualan produknya.

Kemudian memberikan edukasi mengenai pengemasan produk yang baik dapat memiliki masa kedaluarsa yang panjang. Karenanya tim pengabdian memutuskan untuk memberikan mesin Retort Sterilizer yang berfungsi membantu memperpanjang masa kadaluarsa produk Rendang Lokana tersebut yang selama ini menjadi kendala pada produk UMKM Rendang Lokana.

Selain memberikan mesin Retort Sterilizer, tim pengabdian juga Melakukan kegiatan pelatihan capacity building, di antaranya Digital Marketing dengan pengelolaan website agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Langkah ini diambil tim pengabdian guna memajukan perekonomian serta membantu UMKM dalam memiliki kemampuan menjaga kualitas produk
yang mampu bersaing pada pasar yang lebih luas.

Program ini merupakan langkah konkrit FEB USU dalam mengedukasi masyarakat desa dengan memberikan teknologi pengemasan yang baik serta mengedukasi UMKM untuk mampu bersaing di pasar melalui edukasi digital marketing dan pengelolaan website.

Ia harapkan UMKM dapat memberikan dampak ekonomi yang signifikan bagi masyarakat sekitar maupun masyarakat luas. Dengan adanya dukungan ini, UMKM Rendang Lokana diharapkan dapat terus berkembang dan memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat sekitarnya. Program ini menjadi bukti nyata kontribusi FEB USU dalam memberdayakan masyarakat melalui program pengabdian yang tepat sasaran dan berkelanjutan.

(ARU/BR)

Baca Juga

Rekomendasi