Indahnya Persahabatan

indahnya-persahabatan

Oleh: Sita Herman

SEMUA orang pasti (pernah) memiliki sahabat. Namun kadang ada hubungan persahabatan yang sayangnya harus kandas di tengah jalan karena berbagai sebab. Padahal memiliki sahabat sejati bukanlah hal yang mudah di jaman sekarang.

Kita tak pernah salah dalam memilih sahabat. Namun waktulah yang akan berbicara untuk mengetahui mana sahabat yang asli dan mana yang palsu.

Kebaikan atau keburukan hati seseorang sangat sulit ditebak. Apalagi bila ia selalu berteori tentang kebajikan sehingga memberi kesan dia adalah orang baik padahal sebenarnya hatinya jahat dan busuk.

Walau mungkin sudah sedikit, namun masih ada sosok sahabat sejati di Bumi ini. Sahabat sejati adalah sahabat yang selalu ada untuk kita. Bila kita melakukan kesalahan, ia takkan segan-segan mengkritik kita, mungkin dengan suara keras, dengan harapan agar kita bisa mengubah kesala­han kita  dan kembali ke jalan yang benar. Bila dia bukan sahabat sejati, untuk apa dia bersusah-payah menyadarkan kita? Dan tidak ada niat sedikit pun dalam benak seorang sahabat sejati untuk menjatuhkan sahabat sendiri saat ada kesempatan (menikam dari belakang).

Sebaliknya sahabat yang diberi saran dan kritik harusnya berlapang dada menerimanya karena itu juga untuk kebaikannya sendiri agar bisa lebih meningkatkan kualitas dirinya.

Intinya, persahabatan akan langgeng jika saling mengerti, menghargai dan menghormati privasi masing-masing. Musuh gampang dicari namun sahabat sulit dicari. Kesalahpahaman yang timbul dalam persahabatan adalah wajar namun jangan sampai dimasukkan ke hati. Jangan sampai hanya karena ego sesaat, menghancurkan persahabatan yang telah terjalin manis.

Walau kepada sahabat sekalipun, janganlah memaksakan kehendak kita karena tiap orang memiliki jalan hidupnya masing-masing. Bila kita ingin agar sahabat bertindak atau bersikap seperti yang kita inginkan, itu sama saja artinya dengan kita egois dan mencintai bayang-bayang diri kita sendiri di dalam diri sahabat kita. Justru perbedaanlah yang membuat persahabatan menjadi lebih indah dan bermakna.

Kita baru akan merasakan kehilangan saat sahabat yang kita kasihi suatu saat telah pergi untuk sela­manya. Karenanya, di saat masih bisa bersama, jadi­kanlah persahabatan dipe­nuhi dengan keindahan dan kebersamaan.

Ada beberapa kali­mat  dalam bahasa Ing­gris tentang sahabat yang cukup indah yang penu­lis kutip dan penga­rangnya anonim:

A simple friend thinks the friendship is over when u’ve an argument...

A true friend knows that it’s not a friendship until after we’ve had a fight...

A simple friend hates when u call after he has gone to bed...

A true friend asks why you take so long to call...

A simple friend comes to your house and acts like a guest...

A true friend comes to your house and serves himself...

A simple friend expects u’ve been there for them...

A true friend expects to always be there for you...

Teman biasa mengira persahabatan telah berakhir bila terlibat pertengkaran dengan sahabat...

Sahabat sejati tahu itu bukanlah persahabatan sampai mereka terlibat di dalam pertengkaran...

Teman biasa merasa terganggu saat Anda meneleponnya di tengah malam...

Sahabat sejati akan bertanya mengapa Anda menelepon saat larut malam...

Teman biasa berkunjung ke rumahmu dan bersikap layaknya seorang tamu...

Sahabat sejati berkunjung ke rumahmu dan melayani dirinya sendiri...

Teman biasa berharap kamu selalu ada untuknya...

Sahabat sejati berharap dia akan selalu ada untukmu...

* Juli 2017

()

Baca Juga

Rekomendasi