Bulan K3 Nasional 2020

Siswa SMPN 2 Batangtoru Diedukasi Tentang Keselamatan Kerja

Siswa SMPN 2 Batangtoru Diedukasi Tentang Keselamatan Kerja
Manajemen Tambang Emas Martabe sosialisasi K3 di Aula SMPN 2 Batangtoru, Tapsel, Sabtu ( 15/2). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Tapanuli Selatan - Memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional 2020, Tambang Emas Martabe menggelar sosialisasi dan lomba poster keselamatan di Aula SMPN 2 Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan.

Kepala SMPN 2 Batangtoru, Devi Anggreyni, mengungkapkan apresiasi atas dipercayanya SMPN 3 menjadi sasaran sosialisasi K3 yang digelar Tambang Emas Martabe Batangtoru.

“Diharapkan, para siswa mendengarkan dan menyimak dengan baik apa yang disampaikan narasumber, karena muatannya sangat penting dalam upaya menjaga keselamatan dalam beraktivitas,” kata Devi, Sabtu (15/2).

Direktur Operasional PT Agincourt Resources, Darryn McClelland, melalui Manager Community Development, Christine Pepah mengatakan, perayaan Bulan K3 oleh Tambang Emas Martabe tidak hanya menyoal implementasi K3 untuk pertambangan berkelas dunia, tapi juga bagaimana menularkan praktik tersebut kepada masyarakat.

Untuk tema perayaan Bulan K3 pada tahun ini adalah ‘Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya K3 pada Era Revolusi Industri 4.0 Berbasis Teknologi Informasi’.

“Keselamatan adalah tentang kita, dan bagaimana kita sebagai manusia berinteraksi dengan lingkungan, baik di tempat kerja, maupun rumah. Kita semua harus memastikan, kita mengerti dengan benar dan baik bagaimana menjaga keselamatan. Pada perayaan Bulan K3 tahun ini, kami ingin memperkenalkan dan menyebarluaskan mengenai praktik keselamatan pertambangan dan berlalu lintas kepada para pelajar,” jelasnya.

Terkait sosialisasi keselamatan berlalu lintas, Tambang Emas Martabe tak hanya menyosialisasikan bagaimana adab berkendara di jalan raya, tapi juga bagaimana menjaga keselamatan jika berjalan kaki, memiliki rumah di pinggir jalan raya, dan lainnya.

Secara internal, Tambang Emas Martabe berkomitmen untuk terus mempertahankan tidak ada kecelakaan yang mengakibatkan kehilangan jam kerja (Lost Time Injuries) sepanjang tahun ini. Perusahaan juga terus berupaya meningkatkan pemahaman para karyawan terhadap praktik K3.

“Sepanjang 2019, praktik keselamatan dan kesehatan kerja di Tambang Emas Martabe dan seluruh kontraktor telah mencapai skor 80,6 persen, termasuk berkinerja baik berdasarkan Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan atau SMKP Kementerian ESDM. Kami akan terus berupaya meningkatkan kinerja tersebut pada tahun-tahun mendatang,” terangnya.

Acara bulan K3 ini diisi berbagai kompetisi internal seperti Lomba Penulisan Artikel, Lomba Poster Keselamatan, Lomba Foto dan Pesan Keselamatan, Lomba Video, dan Lomba Fitness Drill.

Selain itu, upacara pembukaan Bulan K3 dan peragaan penyelamatan korban di ketinggian oleh Emergency Response Team (ERT) Tambang Emas Martabe, serta seminar implementasi SMKP dengan pemateri mantan Kasubdit K3 Kementerian ESDM Eko Gunarto. Narasumber dalam acara ini, Sosisafety Supervisor Tambang Emas Martabe, Fitria Ciptaningsih.

(HERS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi