Poltekbang Medan Sosialisasi Sipencatar 2020 di Kendari

Poltekbang Medan Sosialisasi Sipencatar 2020 di Kendari
Sosialisasi Seleksi Penerimaan Calon Taruna-Taruni (Sipencatar) 2020-2021 (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Kendari - Badan Sumber Daya Manusia Kementerian Perhubungan menggelar sosialisasi Seleksi Penerimaan Calon Taruna-Taruni (Sipencatar) 2020-2021 di SMA Negeri 4, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Sosialisasi ini rangkaian roadshow di 16 provinsi mulai 17 Februari - 4 Maret 2020 nanti. Kampus yang ikut andil Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD Bekasi, Politeknik Penerbangan Medan dan Politeknik Pelayaran Banten.

Turut hadir dalam acara itu Dinas Perhubungan Sulteng, Dinas Pendidikan Sulteng, dan kepala sekolah, guru serta siswa-siswi SMA/SMK sekitar Kota Kendari.

Direktur PTDI-STTD, Hendro Surahman mengatakan, BPSDM Perhubungan, Kemenhub, mendapat amanah dalam penyiapan insan perhubungan, baik yang akan ditugaskan di sektor pemerintah maupaun swasta.

"Akan dibuka penerimaan Sipencatar di 20 sekolah di bawah BPSDM perhubungan yang nantinya bisa melahirkan SDM andal dan berkompeten serta profesional," kata Hendro, Jumat (21/2).

BPSDM Perhubungan akan melaksanakan Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) Tahun Ajaran 2020/2021 yang terdiri dari Matra Darat, Matra Laut, dan Matra Udara, serta Perkeretaapian.

"Maka bersama acara Sosialisasi SIPENCATAR Perhubungan ini, kami mengajak semua siswa-siswi SMA dan SMK untuk dapat bergabung dalam penerimaan calon taruna," jelasnya.

Kepala Bagian Umum Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Darat, Alexander Hilmi Perdana mengatakan, penerimaan Sipencatar 2020 untuk pola pembibitan akan dibuka pada April 2020.

"Silahkan mendaftar dan pilih sekolah yang menurut kalian sesuai dengan diri masing-masing," ujarnya.

Dari Poltekbang Medan yang ikut hadir dalam sosialisasi tersebut yaitu Wakil Direktur III, Dwiyanto, Ketua Prodi Teknik Listrik Bandara, Catra Indra Cahyadi, taruna prodi TLB Jeremia Yonata Panjaitan dan taruna Prodi TNU Jason Juan Matthew.

Dwiyanto mengatakan, pihaknya siap menerima putra-putri yang akan dididik menjadi SDM transportasi perhubungan yang andal.

"Poltekbang Medan siap mendidik putra-putri terbaik dan menjadikan mereka SDM yang berkompeten," sebutnya.

Antusias tinggi ditunjukkan oleh siswa siswa SMA/SMK yang hadir dalam acara tersebut. Pertanyaan-pertanyaan juga diajukan kepada para taruna yang hadir.

Selain itu, juga hadir alumni Poltekbang Medan yang saat ini bekerja di perusahaan Air Nav Indonesia.

(RZD/CSP)

Baca Juga