Puluhan Wartawan di Siantar Periksa Kesehatan

Puluhan Wartawan di Siantar Periksa Kesehatan
Wartawan di Siantar terlihat sedang memeriksakan kesehatannya di Puskesmas Raya, Senin (23/3) (Analisadaily/Franscius Hartopedi Simanjuntak)

Analisadaily.com, Simalungun – Puluhan wartawan melakukan pengecekan kesehatan di Puskesmas Raya di Jalan Raya kelurahan Timbang Galung, Kecamatan Barat Kota Pematangsiantar.

Pemeriksaan pertama dilakukan pada suhu tubuh. Ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya pengecekan kesehatan agar virus COVID-19 tidak masuk ke Siantar.

Para wartawan mengajak masyarakat agar setiap masyarakat yang bepergian ke luar daerah maupun yang baru datang dari luar daerah agar segera melakukan pemeriksaan ke Puskesmas terdekat. Agar bisa di pantau dan diperiksa kesehatannya.

"Kita meminta masyarakat untuk mencegah COVID-19 ini tidak tersebar, dan tingkat kesadaran kita akan pencegahan ini juga semakin tinggi," kata salah seorang wartawan, Senin (23/3).

Kepala Puskesmas Raya, Jamil mengatakan, Puskesmas Raya siap dalam pencegahan penyebaran virus COVID-19 di Siantar. Sampai saat ini, kata dia, sudah ada beberapa masyarakat yang datang untuk diperiksa kesehatannya.

"Kita kan tidak bisa mengontrol semua masyarakat siapa saja yang baru datang dari luar daerah. Yang kita harapkan kepada masyarakat agar ada kesadaran diri bagi siapa yang baru datang dari luar daerah agar segera ke Puskesmas,” ucap Jamil.

“Dan kita juga sudah lakukan sosialisasi ke rumah-rumah penduduk yang baru datang dari luar daerah untuk melakukan pemeriksaan selama 14 hari," ujarnya.

Masih kata Jamil, peralatan untuk pemeriksaan awal sudah lengkap, seperti pengukur suhu tubuh. Karena, untuk pengecekan pertama hanya itu, namun bila ada masyarakat yang di periksa suhu tubuhnya tinggi atau mengarah ke sana maka akan langsung di rujuk ke rumah Sakit.

"Puji Tuhan sampai hari ini tidak ada dan semoga memang tidak ada. Saya meminta kepada masyarakat agar melakukan pola hidup sehat dan seperti rajin mencuci tangan, hindari tempat keramaian dan makan makanan yang bergizi,” sambung Jamil.

“Kita juga meminta kepada masyarakat agar kalau ada keluarga yang demam, batuk dan sesak napas agar segera datang ke puskesmas terdekat," harapnya kepada masyarakat.

(FHS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi