Sidak ke Bandara Kualanamu, Ketua DPRD Deliserdang Pastikan Tak Ada Mudik

Sidak ke Bandara Kualanamu, Ketua DPRD Deliserdang Pastikan Tak Ada Mudik
Sidak ke Bandara Kualanamu (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Deliserdang - Ketua DPRD Deliserdang, Zakky Shahri, bersama anggota DPRD lainnya melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Bandara Kualanamu. Sidak dilakukan untuk memastikan penumpang pesawat yang datang dan berangkat bukan dalam rangka mudik.

Zakky datang didampingi Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Deliserdang, Kamaruzzaman, disambut Executive General Manager PT AP II Kualanamu, Djodi Prasetyo, dan pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Medan.

"Tadi kita langsung melihat proses verifikasi dokumen perjalanan sebagai syarat perjalanan calon penumpang di masa larangan mudik, tujuannya agar memastikan betul penumpang baik yang datang maupun pergi lewat Bandara Kualanamu bukan tujuan mudik," jelasnya, Jumat (15/5).

Zakky menyebutkan, Bandara Kualanmu menjadi ujung tombak pencegahan berkembangnya virus corona Covid-19 melalui udara. Di Bandara Kualanamu sudah terdapat alat thermal scanner yang dapat mengecek suhu tubuh penumpang.

"Kita apresiasi, Bandara Kualanamu sudah punya protokol standar menghadapi ancaman Covid-19," sebutnya.

Executive General Manager PT AP II Kualanamu, Djodi Prasetyo, memastikan bahwasanya penumpang baik yang datang maupun yang berangkat bukan dalam rangka mudik. Karena penerbangan yang dilakukan adalah penerbangan khusus, penumpang diwajibkan mempunyai 3 dokumen.

Dokumen yang harus divalidasi yaitu tiket pesawat, surat keterangan bebas Covid-19 dan surat tugas atau surat keterangan dari kantor dan instansi terkait. Ketiga dokumen tersebut akan diperiksa satu per satu.

"Semenjak dioperasikan penerbangan, rata-rata per hari penumpang itu mencapai 130 hingga 150 orang," tandasnya.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi