Tenaga Medis di Bali Dipastikan Dapat Pelayanan Terbaik

Tenaga Medis di Bali Dipastikan Dapat Pelayanan Terbaik
Seorang pelayanan di sebuah hotel di Bali tampak sedang melayani pengunjung. (Analisadaily/Sutrisno)

Analisadaily.com, Jakarta - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan Bali Paragon Resort Hotel menyediakan akomodasi bagi tenaga kesehatan Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri Universitas Udayana, Bali.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Nia mengatakan, penyediaan fasilitas akomodasi salah satu wujud konsistensi kementerian dengan industri pariwisata sebagai upaya penangulangan wabah Corona.

“Kami memastikan para tenaga kesehatan mendapat pelayanan terbaik, dari fasilitas kamar, makanan, hingga laundry. Semua harus memenuhi standar kesehatan yang baik,” kata Nia, Senin (1/6).

Dalam kerja sama ini, Kemenparekraf dan Bali Paragon Resort Hotel menyediakan 297 kamar yang terdiri dari 246 kamar tipe single dan 51 kamar tipe double sebagai fasilitas bagi 346 tenaga kesehatan.

Nia mengatakan, standarisasi kesehatan sangat penting untuk diperhatikan agar dapat memberikan rasa aman dan nyaman. Tidak hanya bagi tenaga medis tapi juga para staf dan pekerja hotel dan industri secara keseluruhan.

“Sehingga para petugas medis dapat beristirahat dengan baik, dekat dengan tempat pekerjaan, dan lebih efektif dalam bertugas. Sehingga segala sesuatu lebih baik bagi petugas medis berjuang menghadapi wabah ini,” kata Nia.

Lewat kerja sama ini, kata dia, tidak hanya membantu penanganan Covid-19, tapi juga membantu pekerja dan pengusaha hotel. Khususnya bagi pekerja langsung atau pekerja tidak langsung hotel, serta penambahan penyerapan tenaga kerja lainnya seperti penyedia makanan.

“Kerja sama ini juga sebagai bentuk dukungan Kemenparekraf terhadap industri pariwisata, salah satunya bisnis hotel agar tetap bisa mempekerjakan pegawainya. Namun semua dilakukan tetap memperhatikan protokol dan SOP kesehatan," ujarnya.

Sebelumya, Kemenparekraf telah memfasilitasi lebih dari 2.000 tenaga kesehatan untuk mendapatkan akses transportasi dan akomodasi bekerja sama dengan puluhan hotel.

Mulai dari Accor Group, Swissbel Hotel, Reddoorz, Grand Sahid, dan Hotel Le Meridien. Untuk penyedia jasa transportasi, Kemenparekraf bekerja sama dengan Panorama Destination, White Horse, Antavaya dan Grab.

"Dukungan dan kerja sama dari industri pariwisata menjadi upaya bersama kita dalam menghadapi pandemi Covid-19," tambah Nia.

(TRY/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi