Dinas Perkim Batu Bara Bantu 283 Unit BSPS

Dinas Perkim Batu Bara Bantu 283 Unit BSPS
Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Norma Deli Siregar meninjau pembangunan bantuan stimulan rumah swadaya di Desa Simpang Dolok, Datuk Limapuluh, Selasa (11/8). (Analisadaily/Alpian)

Analisadaily.com, Bara Bara - Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Batubara merealisasikan pembangunan 283 unit Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) rumah tak layak huni yang tersebar di 12 Kecamatan se Kabupaten Batubara, Selasa (11/8).

Kepala Dinas Perkim Batu Bara, Norma Deli Siregar menuturkan, untuk tahun 2020 melalui dana APBD memberikan bantuan stimulan perumahan swadaya sebanyak 283 unit rumah tak layak huni yang tersebar di 12 Kecamatan se Batu Bara.

Bantuan sebesar Rp 15 juta langsung masuk kerekening masing-masing penerima yang diperuntukkan untuk pembelian bahan dan upah tukang. Di PAPB 2020 juga dianggarkan sebabyak 77 unit.

Menurut Norma, sebelum ditetapkan sebagai penerima terlebih dahulu dilakukan verifikasi dengan ketentuan calon penerima merupakan pemilik tanah sendiri.

Kemudian, masyarakat berpenghasilan rendah, sudah berkeluarga, dan siap berswadaya dalam bentuk tenaga, bahan, dan uang.

Karena bantuan ini sifatnya hanya stimulan untuk mendorong masyarakat agar membangun dan menempati rumah yang layak huni.

Sebelumnya pada APBD 2019, juga telah direalisasikan sebanyak 222 unit bantuan stimulan perumahan swadaya yang tersebar di seluruh kecamatan," ujar Norma saat monitoring penerima bantuan.

Sumiatik (67), warga Desa Simpang Dolok, Kecamatan Datuk Limapuluh, salah seorang penerima bantuan stimulan perumahan swadaya mengucapkan rasa syukur atas bantuan yang diberikan Pemerintah Kabaupaten Batu Bara.

Sumiatik mengaku sudah 10 tahun ia menempati rumah yang tidak layak huni bersama dengan 3 anaknya.

"Alhamdulillah saat ini rumah saya sudah hampir selesai dibangun," kata Sumiatik.

(AP/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi