IZI-JNE Gelar Kursus Menjahit Gratis Kepada Masyarakat

IZI-JNE Gelar Kursus Menjahit Gratis Kepada Masyarakat
Para peserta sedang melakukan penjahitan baju. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Dalam meningkatkan skill di bidang keterampilan menjahit, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) bekerja sama dengan JNE menggelar program kursus jahit gratis kepada masyarakat di Jalan Setia Indah, Sunggal Kanan, Rabu (26/8).

Dalam kegiatan yang sudah berjalan kurang lebih enam tahun ini, telah diikuti 6 gelombang yang terdiri dari 8 peserta yang berasal dari berbagai kalangan.

Mulai ibu rumah tangga hingga mahasiswa yang memiliki keinginan tinggi dalam menjahit.

Salah satu peserta, Niyen mengatakan, dalam pelatihan ini, para peserta mulai dikenali pada mesin jahit dan mesin obras (jahit pinggir), kemudian peserta diajarkan bagaimana membuat pola didalam buku, dan untuk selanjutnya diaplikasikan pada kain yang sebelumnya telah disediakan oleh IZI-JNE.

"Program seperti ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat terutama perempuan, karena dapat membantu perempuan mengasah kemampuan yang dimiliki. Selain itu juga mungkin bisa dijadikan salah satu alternatif cikal bakal usaha ke depannya," kata Niyen.

Nuri, peserta pada batch 6 menuturkan, dalam kegiatan ini sendiri dibimbing oleh seseorang yang berpengalaman dibidang jahit-menjahit.

"Alhamdulillah, bisa gabung di program ini, apalagi dibimbing dengan pembimbing yang sangat sabar dan benar-benar luwes serta sabar mengajari kami," tuturnya.

Dalam kegiatan itu, para peserta telah rampung mempelajari baju tidur. Pada pertemuan selanjutnya sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran menjahit yang akan dilanjutkan dengan pembuatan baju gamis dan mukenah.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi