Sugihardjo: Mulai Perubahan dari Diri Sendiri untuk Menjadi Insan Bermanfaat

Sugihardjo: Mulai Perubahan dari Diri Sendiri untuk Menjadi Insan Bermanfaat
Kepala BPSDM Perhubungan, Sugihardjo, dalam kuliah umum di Poltekbang Medan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDM) Perhubungan, Sugihardjo, memberikan kuliah umum kepada taruna-taruni Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Medan.

Kegiatan kuliah umum yang berlangsung pada Minggu (30/8) tersebut merupakan rangkaian dari pelaksanaan wisuda/pelantikan perwira transportasi Poltekbang Medan. Kuliah umum mengambil tema 'Era Disrupsi Pendidikan Generasi Milenial dan Leadership' diikuti seluruh taruna-taruni Poltekbang Medan.

Selain di gedung serba guna, taruna-taruni lainnya juga mengikuti di ruang kelas. Hal ini dilakukan agar dapat tetap menerapkan jarak sesuai protokol kesehatan terkait pencegahan penyebaran dan penularan virus corona Covid-19.

Kuliah umum diikuti oleh seluruh taruna-taruni tingkat III yang diwisuda pada Senin (31/8), dan juga taruna-taruni tingkat I. Sesuai dengan protokol kesehatan, maka sebagian taruna mengikuti kuliah umum di ruang kelas.

Bertindak sebagai moderator dalam kegiatan tersebut, Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Udara. Dalam paparannya, Sugihardjo menyampaikan, untuk menghadapi era Revolusi 4.0, generasi milenial dapat beradaptasi dengan era tersebut.

"Dengan memiliki kemampuan bahasa yang baik, dapat berfikir kritis, mampu berfikir kreatif, dan memiliki kemampuan leadership. Tentunya dengan kecerdasan emosi," kata Sugihardjo.

Sugihardjo juga berharap taruna-taruni memiliki knowledge, skill, dan attitude yang baik untuk dapat siap berinovasi dan bersaing. Ia juga berpesan agar para taruna-taruni memulai perubahan dari diri sendiri untuk bisa menjadi insan yang bermanfaat, bertanggung jawab, dan memiliki kualitas disiplin dalam segala tindakannya.

"Para taruna-taruni agar menjaga kesehatan, mengembangkan diri, dan mulai mencari peluang yang ada untuk mengejar masa depan di era disrupsi ini," sebutnya.

Pada kuliah umum tersebut, taruna-taruni juga berkesempatan menanyakan beberapa hal kepada Kepala BPSDM Perhubungan.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi