Masyarakat Sei Sikambing B Sampaikan Berbagai Persoalan ke Tuahman Purba

Masyarakat Sei Sikambing B Sampaikan Berbagai Persoalan ke Tuahman Purba
Ketua Fraksi Nasdem DPRD Sumut, Tuahman Purba, mendengar aspirasi masyarakat di Kelurahan Sei Sikambing B, Kecamatan Medan Sunggal, Rabu (9/9) (Analisadaily/Eka Azwin Lubis)

Analisadaily.com, Medan - Dalam resesnya ke Kelurahan Sei Sikambing B, Kecamatan Medan Sunggal, anggota DPRD Sumut, Tuahman Purba, mengingatkan warga akan bahaya Covid-19.

Meski demikian, Tuahman tidak mau tinggal diam dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang sudah menjangkiti warga di seluruh dunia. Diapun menawarkan kepada ratusan masyarakat yang hadir agar menjalankan rapid test secara gratis.

"Rapid test akan kita adakan di sini. Saya yang panggil dokternya ke sini. Kalau ada yang punya keluhan, jangan segan-segan langsung menghubungi saya," kata Tuahman.

Sementara Camat Medan Sunggal, Indra Mulia Nasution, mengaku senang atas kunjungan Tuahman Purba dalam rangka reses ke wilayahnya.

"Kami apresiasi kedatangan anggota DPRD Sumut. Selama saya bertugas, ini kali pertama di wilayah ini dikunjungi anggota DPRD Sumut," kata Indra.

Kepada dr. Tuahman, Indra pun mengurai banyaknya masalah di wilayah yang dipimpinnya, seperti infrastruktur, kependudukan dan narkoba.

"Di sini dari data BNN masuk zona hitam peredaran narkoba Pak. Banyak persoalan di wilayah kami yang perlu dibawa ke DPRD Sumut," ujar Indra.

Reses Anggota DPRD Sumut, Tuahman Purba, di Kelurahan Sei Sikambing B, Kecamatan Medan Sunggal
Mengenai pandemi corona, Indra mengungkapkan bahwa Kecamatan Medan Sunggal berada di peringkat kelima tertinggi jumlah kematian akibat Covid-19.

"Banyak persoalan yang dihadapi masyarakat akibat pandemi Covid-19, termasuk rapid test yang sangat mahal sampai 400.000. Masyarakat ingin periksa namun terkendala biaya. Apa yang disampaikan Pak Tuahman ini luar biasa. Menggratiskan rapid test," sebutnya.

"Selain itu masalah pendangkalan sungai di wilayah kami juga menjadi persoalan. Kemudian masalah kependudukan, mengurus e-KTP sangat sulit," papar Indra.

Hal senada disampaikan oleh masyarakat yang hadir dalam reses tersebut. Berbagai persoalan mereka sampaikan kepada Tuahman Purba yang merupakan Ketua Fraksi Nasdem DPRD Sumut.

Titin Sugiharti yang tinggal di Lingkungan VII memohon agar segera diciptakan lapangan kerja bagi warga yang masih menganggur. Sementara Azhar mengeluhkan buruknya sistem drainase di Lingkungan I sehingga kerap menyebabkan banjir.

"Dana Kelurahan kalau bisa dibuat pelatihan bagi masyarakat, Pak. Kemudian masalah belajar di rumah agar disediakan satu tempat yang menyediakan internet gratis agar anak-anak bisa belajar di sana. Karena cukup terasa secara ekonomi karena guru terlalu banyak memberikan tugas. Udah gitu masalah BPJS Kesehatan kami juga tolong dibantu Pak," ujar warga lainnya, Arifin.

Tuahman Purba bersama Plt. Lurah Sei Sikambing B dan warga meninjau aliran air yang tersumbat
Menyahuti keluhan masyarakat, Tuahman Purba langsung meninjau drainase yang tersumbat sampah sehingga kerap menimbulkan banjir di Jalan Kakaktua, Lingkungan I, Kelurahan Sei Sikambing B, Kecamatan Medan Sunggal.

"Mengenai pendangkalan sungai, saya sudah melihatnya secara langsung dan akan menyampaikan hal itu kepada instansi terkait agar segera diperbaiki. Sementara mengenai lapangan kerja, izinkan saya untuk bicarakannya dengan Pak Camat," sebutnya.

Turut hadir dalam reses tersebut perwakilan dari Dinas Perkim Kota Medan, Affan, yang menyebut pihaknya akan membangun jaringan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) untuk mengatasi persoalan banjir di wilayah Sei Sikambing B.

Kemudian hadir juga Plt. Lurah Sei Sikambing B Laode Iqbal dan sejumlah kepala lingkungan seperti Kepling II Hamidah, Kepling V Suhartini, Kepling XI Dana Pratama, dan Kepling XIV M. Nasir

(EAL)

Baca Juga

Rekomendasi