Doni Monardo: Manusia Perantara Covid-19

Doni Monardo: Manusia Perantara Covid-19
Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Monardo. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Monardo, kembali menegaskan penularan Covid-19 adalah melalui perantara manusia. Upaya menegakkan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, adalah hal yang mutlak.

Adapun dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid-19 melalui penerapan protokol kesehatan juga harus dilakukan secara bersama-sama. Sebab, setiap manusia berpotensi menulari maupun tertular virus corona jenis baru dan itu lebih berbahaya.

“Covid-19 berbahaya. Tetapi manusia yang membawa Covid-19 atau sebagian carrier itu jauh lebih berbahaya,” tegas Doni dalam Rapat Koordininasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara (Sumut), di Medan beberapa hari lalu, ditulis Minggu (27/9).

Doni juga kembali mengingatkan, sebelumnya Presiden Joko Widodo telah memberikan imbauan dan penegasan tentang pentingnya 3 M atau Memakai Masker, Menjaga Jarak Menghindari Kerumunan dan Mencuci Tangan dengan Sabun.

Hingga saat ini, Doni Monardo yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) masih melihat, menjaga jarak dan menghindari kerumunan adalah hal yang masih sulit dilakukan.

“Yang berisiko adalah tanpa diketahui dia adalah carrier atau pembawa virus. Inilah yang berbahaya,” jelas Doni.

Berdasarkan hasil beberapa survei, termasuk dari Balitbankes Kementerian Kesehatan pada bulan Juli 2020, banyak sekali masyarakat yang menganggap mereka tidak akan terkena Covid-19, dan Covid-19 itu tidak ada.

“Kalau kita tidak punya semangat untuk melakukan perubahan perilaku, maka dampak yang akan terjadi pasti akan tinggi. Tetapi kalau seluruhnya memiliki komitmen yang sama untuk taat kepada protokol kesehatan, maka kita bisa menekan kasus,” jelas Doni.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi