KPOTI Sumut Hibur Anak Korban Sinabung dengan Permainan Tradisional

KPOTI Sumut Hibur Anak Korban Sinabung dengan Permainan Tradisional
Hibur anak korban Sinabung dengan permainan tradisional (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Karo - Pengurus Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia Sumatera Utara (KPOTI Sumut) kembali beraksi. Kali ini mengunjungi dan menggelar permainan rakyat menghibur anak korban erupsi Gunung Sinabung.

Kegiatan di Desa Naman Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, itu dilaksanakan pada Minggu (27/9). Desa tersebut merupakan salahsatu yang paling dekat terdampak erupsi Sinabung.

Kunjungan KPOTI Sumut disambut Mandataris KPOTI Kabupaten Karo, Darson Tarigan, serta diterima Kepala Desa Naman Teran, Rencana Sitepu.

Di sana, rombongan KPOTI Sumut menggelar arena bermaian tradisional di lapangan Sekolah Dasar Desa Naman Teran.

"Ini tidak hanya untuk mengenalkan kembali kepada anak-anak kita tentang permainan tradisional namun juga untuk menghibur mereka yang terdampak erupsi Sinabung. Semacam trauma healing," kata Ketua KPOTI Sumut, Agustin Sastrawan Harahap.

Anak-anak di sana sangat antusias dengan permainan rakyat seperti enggrang, terompah, gasing, engklek dan tarik tambang.

"Permainan rakyat ini sangat baik untuk tumbuh kembang dan karakter anak," kata Agustin.

Sebelum bermain, pengurus KPOTI Sumut, KPOTI Medan, dan Langkat, melaksanakan bakti sosial. Di antaranya pembagian masker, pakaian, makanan serta uang tunai kepada warga terdampak erupsi Sinabung.

"Kami sangat berterimakasih atas bantuan dari KPOTI Sumut, yang tak kenal lelah mengerahkan bantuan baik formil maupun materil," kata Mandataris KPOTI Karo, Darson Tarigan.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi