Gerobak Baca Universitas Dharmawangsa Kembangkan Literasi di Nelayan Indah

Gerobak Baca Universitas Dharmawangsa Kembangkan Literasi di Nelayan Indah
Program Gerobak Baca Universitas Dharmawangsa untuk mengembangkan literasi di Nelayan Indah. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Mahasiswa Universitas Dharmawangsa membuat program Gerobak Baca untuk memajukan pendidikan anak-anak di Nelayan Indah. Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Dalam rilis yang diterima Analisadaily.com, Kamis (5/11) program ini bertujuan agar mahasiswa dapat memberikan ilmu yang telah didapat kepada masyarakat untuk kemajuan suatu desa ataupun daerah. Program ini dilaksanakan atas kolaborasi antara tim PHP2D Kemendikbud yang beranggotakan BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Universitas Dharmawangsa tahun 2020 dengan Karang Taruna Nelayan Indah.

Hal itu didasari oleh faktor minimnya buku bacaan untuk anak dan belum terjangkaunya kegiatan gemar membaca ke seluruh masyarakat di Kelurahan Nelayan Indah, sehingga tingkat minat baca anak-anak di Kelurahan Nelayan Indah tidak merata dan cukup rendah.

Ketua program Ranti Gatrizka Putri yang mendapat dukungan serta arahan dari dosen pendamping, Dewi Wahyuni S.Pdi, M.Pdi., mengatakan pembuatan Gerobak baca didasari keperihatinan Karang Taruna melihat anak-anak yang menggunakan gawai untuk hal yang kurang bermanfaat serta kurangnya pendampingan orangtua terhadap pendidikan dan perkembangan anak.

"Pendidikan dan keterampilan anak-anak di Kelurahan Nelayan Indah juga kurang memuaskan, hal ini disebabkan orang tua hanya bergantung pada sekolah formal saja. Anak-anak jarang mendapatkan pembelajaran di luar sekolah formal. Sehingga menyebabkan pengetahuan dan keterampilan anak-anak berada pada tingkat biasa atau sedang," ujarnya.

Ketua Karang Taruna Nelayan Indah, Beny Avriansyah, mengatakan, karena pandemi Covid-19 membuat kegiatan belajar mengajar dan gemar membaca Karang Taruna menjadi terhambat.

"Jadi agar tetap terlaksana dan mengisi ke kosongan waktu anak-anak, maka lebih baik dibuat suatu alat untuk bisa menjalankan buku-buku ke rumah-rumah untuk meningkatkan minat baca masyarakat,” ujar Beny selaku Ketua Karang Taruna Nelayan Indah.

Atas keprihatinan tersebut menjadi latar belakang tim PHP2D Universitas Dharmawangsa memutuskan untuk berkolaborasi dengan Karang Taruna Nelayan Indah agar dapat mewujudkan Gerobak Baca untuk meningkatkan minat baca anak-anak serta pengembangan literasi.

Kegiatan membuat Gerobak Baca ini dimulai dengan sosialisasi kegiatan PHP2D, mendesain dan memulai pembuatan Gerobak Baca, pelatihan pembuatan akun media sosial, serta pelaksanaan Gerobak Baca ke lingkungan-lingkungan di Kelurahan Nelayan Indah. Terdapat 2 unit Gerobak Baca yang diisi buku-buku membaca dan pelajaran anak.

Program ini disertai lomba pelajaran matematika, membaca, menulis, dan baca puisi saat pelaksanaan Gerobak Baca berlangsung. Anak-anak diberikan soal-soal lomba sesuai minat masing-masing dan yang menjadi pemenangnya akan diberikan hadiah dari tim PHP2D Universitas Dharmawangsa. Seluruh kegiatan ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan semangat belajar dan meningkatkan literasi anak-anak Kelurahan Nelayan Indah.

Salah seorang tua anak-anak mengungkapkan, kegiatan ini sangat positif, karena dapat menambah ilmu bermanfaat bagi anak-anak.

"Saya juga melihat perubahan pada anak-anak menjadi lebih giat membaca dan mengurangi waktunya untuk bermain handphone. Semoga kegiatan ini akan terus berlanjut agar anak-anak jadi termotivasi untuk lebih giat lagi belajarnya,” kata Bu Umiwarda.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi