Raih 7 Gelar Juara Dunia, Hamilton Samai Rekor Schumacher

Raih 7 Gelar Juara Dunia, Hamilton Samai Rekor Schumacher
Pembalap Mercedez, Lewis Hamilton. (Speedweek/LAT)

Analisadaily.com, Instanbul - Pembalap Formula 1 asal Inggris, Lewis Hamilton, meraih rekor kejuaraan dunia ketujuh dan menjadi pembalap paling sukses di Formula Satu sepanjang masa setelah memenangkan Grand Prix Turki yang basah dan licin pada hari Minggu (15/11).

Pembalap Mercedes berusia 35 tahun itu menyamai tujuh gelar hebat Ferrari, Michael Schumacher, mengalahkan saingan tunggal dan rekan setimnya Valtteri Bottas pada sore mimpi buruk bagi pembalap Finlandia yang berputar itu.

Hamilton sudah memiliki lebih banyak kemenangan balapan, posisi terdepan dan podium daripada pembalap lain dalam sejarah olahraga ini.

"Terima kasih banyak teman-teman. Itu untuk semua anak di luar sana yang memimpikan hal yang mustahil. Kamu juga bisa melakukannya, aku percaya pada kalian," dia berteriak di radio setelah mengambil bendera kotak-kotak dilansir dari Channel News Asia.

Hamilton diberi selamat setelah diparkir oleh finisher urutan kedua Sergio Perez, untuk Racing Point, dan pembalap Ferrari Sebastian Vettel yang menyelesaikan podium dalam balapan penuh putaran dan pergantian keunggulan.

Kemenangan itu merupakan yang ke-94 dalam karir Hamilton, tiga kali lebih banyak dari yang berhasil diraih Schumacher, dan datang setelah dia memulai di posisi keenam dan kemudian memberikan masterclass skill dan manajemen ban.

Bottas, yang pulang ke-14 setelah mengatakan empat lap dari akhir bahwa dia berharap balapan sudah berakhir, juga mengucapkan selamat saat Hamilton merayakannya dengan rekan satu timnya yang gembira.

Mercedes telah memenangkan kejuaraan konstruktor selama tujuh tahun berturut-turut.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi