KNPI Sumut Siap Sukseskan Program Elektrifikasi Pertanian

KNPI Sumut Siap Sukseskan Program Elektrifikasi Pertanian
Pengurus KNPI Sumut bersama pimpinan PT PLN UIW Sumut (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Ketua DPD KNPI Sumatera Utara, El Adrianshah, mendorong PT PLN agar mendukung program-program pembangunan dan investasi menuju Sumut Bermartabat, khususnya dalam penyediaan energi kelistrikan di Sumatera Utara.

Hal ini disampaikan El dalam kunjungannya ke PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara di Jalan Yos Sudarso No. 284 Medan bersama Syaiful Amri (Wakil Bendahara) dan Mahmudin Hamzah Sinaga (Wakil Sekretaris).

Dalam kunjungan itu mereka diterima langsung oleh GM PT PLN UIW Sumut, M. Irwansyah Putra, didampingi Khairuddin (SRM Niaga), Edy (SRM SDM dan Umum) serta pejabat lainnya.

"Terima kasih kepada Bang El dan kawan-kawan atas kehadirannya di kantor kami. Kami sangat senang DPD KNPI Sumut berkesempatan bersilaturahmi dengan kami di sini," kata Irwansyah.

Irwansyah menjelaskan, PLN pada dasarnya sangat siap mendukung program dan bekerja sama dengan seluruh stakeholder demi pembangunan dan investasi menuju Sumatera Utara bermartabat, khususnya yang berkenaan dengan tugas sebagai penyedia energi listrik bagi masyarakat dan pelaku industri.

"Kami terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada seluruh pelanggan meskipun tantangannya di sini sangat besar," sebutnya.

"Namun demikian, saya bersama seluruh jajaran di PLN akan terus bekerja secara maksimal untuk memenuhi ekspetasi masyarakat, baik industri maupun individu," tegas Irwansyah.

Lebih jauh Irwansyah mengatakan, sebagai pimpinan yang baru ditugaskan di PT PLN Unit Induk Wilayah Sumut, dirinya memiliki tantangan yang besar terutama dalam menghadirkan keandalan listrik di Sumatera Utara sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa lebih baik lagi.

Menurutnya PLN saat ini sedang menggalakkan program bagi masyarakat pedesaan yaitu electrifying agriculture atau elektrifikasi pertanian, yakni pemenuhan jaringan listrik di sekitar areal pertanian atau persawahan sehingga alat-alat pertanian tidak lagi menggunakan mesin diesel yang biayanya lebih mahal.

"Dengan program ini petani bisa menggunakan listrik PLN yang lebih murah. Petani cukup mengisi token untuk mengaktifkan layanan ini," sebutnya.

Ke depan, sambungnya, PLN akan membangun semacam stasiun listrik di sekitar areal pertanian sehingga memudahkan petani untuk mengoperasikan berbagai macam alat pertanian serta pompa air di areal pertanian.

"Nah, kami berharap DPD KNPI Sumatera Utara dengan jaringannya bisa membantu sosialisasi program ini kepada petani yang di Sumatera Utara," imbaunya.

Menanggapi wacana itu, El menyambut baik program elektrifikasi pertanian tersebut, mengingat wilayah di Sumatera Utara merupakan salah satu lumbung pangan yang telah ditetapkan sebagai kawasan food estate untuk mendukung program swasembada pangan nasional.

"DPD KNPI Sumatera Utara siap menjalin kerja sama dengan PT PLN Wilayah Sumatera Utara dalam mensosialisasikan kepada struktur DPD KNPI kabupaten/kota yang ada di Sumatera Utara. Jika perlu dibuat MoU antara PT PLN Wilayah Sumut dengan DPD KNPI Sumut untuk mengeksekusi program ini," ujar El, diterima Analisadaily.com, Selasa (8/12).

Menurutnya program ini sangat bagus dan akan membantu para petani yang memerlukan daya listrik lebih murah dibanding penggunaan mesin diesel atau yang lainnya.

"Kami berharga program ini bisa diterima dengan baik oleh para petani," tukasnya.

(EAL)

Baca Juga

Rekomendasi