Program Kotaku Asahan: LKM Gembira Bantu Masyarakat Tidak Mampu

Program Kotaku Asahan: LKM Gembira Bantu  Masyarakat Tidak Mampu
LKM Gembira bantu masyarakat tidak mampu. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Asahan - Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Kabupaten Asahan melalui LKM Gembira Kelurahan Gambir Baru melaksanakan pembagian santunan sosial untuk para lansia sebanyak 24 orang, Jum’at (22/1). Pembagian santunan sosial ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian sosial LKM Gembira bagi masyarakat miskin.

Askot Mandiri Kotaku Kabupaten Asahan Eko Maulijar menjelaskan, dana kegiatan ini bersumber dari bagi hasil kegiatan ekonomi bergulir pada tahun 2020. “LKM Gembira Kelurahan Gambir Baru merupakan salah satu LKM/BKM kelurahan yang menjadi wilayah dampingan program Kotaku Asahan yang concern dan intens di dalam menggulirkan kegiatan ekonomi bergulir sejak tahun 2008,” ujarnya dalam rilis yang diterima Minggu, (24/1).

Eko mengatakan, tercatat modal kegiatan ekonomi bergulir di kelurahan ini adalah Rp115.000.000, yang bersumber dari dana APBN Program KOTAKU. Sampai dengan saat ini telah digulirkan sebesar Rp274.000.000, kepada penerima manfaat berasal dari Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang tinggal di Kelurahan Gambir Baru dengan tingkat pengembalian pinjaman (repayment rate) mencapai 98,8%.

“Dan setiap tahunnya secara rutin, LKM Gembira senantiasa melaksanakan kegiatan pembagian santunan sosial kepada masyarakat tidak mampu,” tegasnya. Julet Simanjuntak selaku Koordinator LKM Gembira Kelurahan Gambir Baru menyampaikan santunan sosial untuk meringankan beban kehidupan masyarakat tidak mampu dalam memperoleh bantuan modal usaha dalam rangka mengembangkan usahanya.

“Tahun ini, pelaksanaan santunan sosial dilakukan pada saat pandemi Covid-19 sehingga LKM Gembira juga turut mensosialisasikan pentingnya masyarakat untuk menjaga dirinya dan keluarganya agar tidak terkena Covid-19 melalui penerapan Pola Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS),” ujarnya.

Manager UPK (Unit Pengelola Keuangan) kegiatan ekonomi bergulir LKM Gembira Amnizar menyampaikan, selama tahun 2020, LKM Gembira rutin melakukan ekonomi bergulir kepada masyarakat untuk membantu mempertahankan usahanya agar tidak tutup karena pandemi Covid 19 ini.

“Setelah dihitung, laba usaha ekonomi bergulir pada 2020 mencapai Rp32.000.000. Melalui Rapat LKM Gembira disepakati bahwasannya sebagian dari laba usaha tersebut akan dipergunakan untuk kegiatan santunan sosial kepada lansia di Kelurahan Gambir Baru,” tegasnya.

Ketua Panitia Budiono mengatakan, dana santunan sosial ini berjumlah Rp5.264.000, yang berasal dari bagi hasil jasa ekonomi bergulir dan swadaya masyarakat. Penerima manfaat kegiatan berjumlah 24 orang yang berasal dari semua lingkungan yang ada di Kelurahan Gambir Baru. Setiap penerima manfaat memperoleh bantuan berupa sembako dan sarung.

Ridwan, salah satu penerima manfaat santunan sosial ini berterima kasih atas dilaksanakannya kegiatan santunan sosial ini. Ia berharap kegiatan ekonomi bergulir dapat terus terlaksana dan setiap tahunnya dapat terus dilaksanakan kegiatan santunan seperti ini.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi