Kabel Bawah Tanah Digergaji, PLN: Itu Tindakan Berbahaya

Kabel Bawah Tanah Digergaji, PLN: Itu Tindakan Berbahaya
Perbaikan kabel bawah tanah yang digergaji oleh orang tidak bertanggung jawab (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Pencurian kabel PLN di bawah tanah kembali terjadi di kawasan Jalan PJ Nehru, Kota Medan, hingga menyebabkan pemadaman lampu di sekitar Jalan Mahayana, Kalingga, dan sekitarnya Senin (1/2) mulai pukul 05.30 WIB.

Manajer Humas PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumut, Jimmy Aritonang, ketika dihubungi, membenarkan hal itu. Dikatakannya, begitu mendapat informasi dari warga, petugas langsung melakukan penyisiran di sekitar lokasi, guna mengetahui penyebab padamnya arus listrik di lokasi itu.

Akhirnya petugas menemukan lokasi yang menyebabkan pemadaman di Jalan PJ Nehru. Ternyata ada oknum yang mencoba menggergaji kabel tegangan menengah (KTM). Hal itu tandai dengan kabel bekas digergaji, dan alat bukti tertinggal di lokasi.

Berdasarkan informasi warga kabel yang disebut-sebut kabel arus listrik tegangan menengah (20 kV) itu meledak ketika digergaji warga. Selanjutnya petugas berupaya menghidupkan lampu yang padam dengan memperbaiki sambungan kabel itu.

"Dengan kesigapan petugas, arus listrik yang sempat padam akhirnya berhasil dinyalakan pada pukul 16.10 WIB," ucapnya, ditulis Analisadaily.com, Selasa (2/2).

Dalam kesempatan itu, Jimmy Aritonang juga mengimbau agar tidak mengulangi kejadian ini karena berisiko tinggi.

"Apalagi saat digergaji arus listrik tengah menyala.Ini sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kecelakaan dan menyebabkan kematian," ungkapnya seraya menyampaikan tindakan tersebut juga sangat merugikan masyarakat banyak.

Pihaknya juga belum melaporkan ke polisi karena pelaku tidak ditemukan.

"Kalau tertangkap tangan baru kami akan laporkan ke polisi," paparnya.

(HERS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi