Jakarta Gagal Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Jakarta Gagal Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032
Deretan gedung bertingkat di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (18/2/2021) (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Analisadaily.com, Jakarta - Ibu Kota Jakarta gagal menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2032. Komite Olimpiade menjatuhkan pilihan ke Brisbane, Australia. Brisbane terpilih karena faktor infrastruktur, termasuk lalu lintas.

Dilansir dari Liputan6.com, Kamis (25/2), keputusan diambil oleh Komisi 'Future Host Summer Commission' yang ditugaskan menilai sejumlah kota, yang mengajukan diri menjadi tuan rumah untuk tahun 2032.

Dewan Eksekutif IOC mendukung terpilihnya Brisbane. Ketua Komisi Penentu Tuan Rumah Olimpiade, Kristin Kloster Aasen mengatakan, Brisbane dipilih karena pengalaman sebelumnya dalam menyelenggarakan pesta olahraga tingkat tinggi.

"Pengalaman tingkat tinggi dalam menjadi tuan rumah berbagai cabang internasional, ditunjang cuaca yang sangat menguntungkan di bulan Juli dan Agustus," ucapnya.

Faktor infrastruktur transportasi disorot.

"Infrastruktur transportasi yang ada dan yang akan dibangun, pengalaman dalam mengelola lalu lintas memenuhi apa yang dibutuhkan bagi Olimpiade dan sudah dibuktikan selama menjadi tuan rumah Pesta Olahraga Persemakmuran tahun 2018," jelas Aasen.

Bila Brisbane dipastikan menjadi tuan rumah, maka untuk ketiga kalinya Australia akan menjadi tempat diselenggarakannya pesta olahraga terbesar di dunia ini.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi