Ketua FKUB Aceh Nasir Zalba Meninggal Dunia

Ketua FKUB Aceh Nasir Zalba Meninggal Dunia
Ketua FKUB Aceh Nasir Zalba (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Banda Aceh - Innalilahi Wainna Ilaihi Raji'un. Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Aceh, Nasir Zalba, berpulang ke Rahmatullah Senin (1/3) pukul 10.40 WIB.

Mantan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Aceh ini meninggal dunia karena sakit. Almarhum menghembuskan nafas terakhir saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh.

Kabar duka cita tersebut tersiar dengan cepat melalui media sosial dan grup WhatsApp sejak pukul 11.00 WIB. Informasi meninggalnya Nasir Zalba juga disampaikan oleh Sekretaris FKUB Aceh, Juniazi, yang saat ini menjabat Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Subulussalam.

"Telah berpulang ke Rahmatullah Bapak H Nasir Zalba, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Aceh, pada hari Senin tanggal 1 Maret 2021, pukul 10.40 WIB, di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh," kata Juniazi.

Ia menjelaskan, almarhum dirawat sejak tanggal 19 Februari 2021, karena menderita radang paru.

Nasir Zalba lahir di Banda Aceh 19 Februari 1960. Tutup usia umur 61 tahun. Alamat rumah duka, Jalan Tgk Di Bitai, depan Masjid Al Badar, Gampong Kota Baru Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh.

"Jenazah akan dikebumikan di pekuburan umum Gampong Kota Baru," sebutnya.

Di awal masa kepengurusan Nasir Zalba, pada tanggal 3 Januari 2019, Forum Kerukunan Umat Beragama Aceh memperoleh Harmony Award, sebagai FKUB Terbaik I Tingkat Nasional dari Menteri Agama RI di Jakarta.

Sampai akhir hayat almarhum, Nasir Zalba sangat aktif dan terlibat langsung dalam penyelesaian konflik pendirian rumah ibadah di Kabupaten Aceh Singkil.

Saat ini, Nasir Zalba ditunjuk Gubernur Aceh sebagai Ketua Tim Lapangan Pembinaan dan Pengawasan Perselisihan Tempat Ibadah Kabupaten Aceh Singkil.

"Selamat jalan Pak Ketua, Selamat jalan Bang Nasir Zalba, Punggawa Kerukunan, Tokoh Kunci Perdamaian di Aceh Singkil Tahun 2015," ungkap Juniazi.

Saat itu Nasir Zalba menjabat sebagai Kepala Badan Kesbangpol Aceh, bersama Pangdam Iskandar Muda waktu itu Mayjen TNI Agus Kriswanto dan Kapolda Aceh saat itu Irjen Pol Husein Hamidi.

"Semoga almarhum husnul khatimah dan mendapatkan syurga jannatun na'im. Kami semua akan merasakan kehilanganmu. Doa kami semua yang tidak akan pernah putus," pungkas Juniazi, Sekretaris FKUB Aceh.

(MHD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi