Perkuat Konektivitas dan Logistik

KMP Tanjung Burang Siap Layani Padang-Mentawai

KMP Tanjung Burang Siap Layani Padang-Mentawai
KMP Tanjung Burang yang akan melayani rute Padang-Mentawai (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Padang - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Padang siap mengoperasikan KMP Tanjung Burang yang akan memperkuat konektivitas penyeberangan dan sektor logistik menuju Pulau Mentawai.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry, Shelvy Arifin, menyampaikan apresiasi kepada seluruh pemangku kepentingan mulai dari Gubernur Sumatera Barat, Kepala Dinas Perhubungan Sumatera Barat, Kepada Dinas Perhubungan Kota Padang dan Kabupaten Mentawai, Kepala BPTD Wilayah III serta KSOP Teluk Bayur yang telah mendukung peran ASDP dalam mendukung akses transportasi menuju Mentawai.

"Kami bersyukur dan mengapresiasi atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan kepada ASDP untuk memperkuat konektivitas penyeberangan dan sektor logistik dari Padang menuju Mentawai," kata Shelvy, Jumat (16/4).

"Harapan kami, dengan beroperasinya KMP Tanjung Burang di bawah koordinasi Cabang Padang, maka akses transportasi penyeberangan masyarakat akan semakin mudah, lancar, aman dan selamat," tuturnya.

Hadirnya KMP Tanjung Burang di Cabang Padang yang belum lama direlokasi dari Banda Aceh akan menambah frekuensi layanan kapal ASDP dari Padang ke Mentawai yang sebelumnya dilayani dua unit kapal yakni KMP Ambu-Ambu dan KMP Gambolo.

Ditambah lagi, ASDP mengoperasikan KMP Pulo Tello yang melayani lintasan Bengkulu-Enggano dan satu unit kapal tol laut Kendhaga Nusantara II sehingga total lima unit kapal yang dioperasikan ASDP Cabang Padang.

"ASDP menjadi andalan transportasi penyeberangan khususnya bagi masyarakat dari Padang ke Mentawai, dengan melayani 4 lintasan perintis dan komersial yakni lintasan Padang-Siberut, Padang Sikabaluan, Padang-Sikakap dan Padang-Tua Pejat. Saat ini KMP Tanjung Burang hadir bagi masyarakat yang akan menyeberang dari Padang menuju Sikakap dan Tua Pejat yang beroperasi tiap hari Rabu dan Jumat," jelas Shelvy.

Dalam peresmian pengoperasian KMP Tanjung Burang hari ini, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, mengatakan dalam rangka melaksanakan percepatan, pemerataan dan konektivitas transportasi laut guna meningkatkan efisien pergerakan orang dan barang, terutama ke Kepulauan Mentawai, maka sangat diperlukan sinergisitas yang kuat antara Kabupaten/kota, Provinsi dan Pusat serta pihak swasta. Salah satunya melalui penambahan satu unit kapal penyeberangan KMP Tanjung Burang.

"Pada awal pengoperasian ini KMP Tanjung Burang akan melayani trayek Padang-Mentawai, namun besar harapan saya kapal ini nantinya dapat juga melayani penyeberangan antar pulau yang ada di kepulauan Mentawai," tutur Mahyeldi.

KMP Tanjung Burang berukuran 540 GT dengan panjang 45,3 meter dan lebar 39,5 meter, dan mampu mengangkut 316 orang penumpang dan 22 kendaraan campuran.

KMP ini melayani rute Padang-Sikakap setiap hari Jumat dan Padang-Tua Pejat setiap hari Rabu. Diungkapkan, lintasan Padang menuju Mentawai cukup diminati yang didominasi penumpang sepeda motor dan truk logistik yang banyak mengangkut hasil pertanian dan material bahan bangunan.

Selain pengoperasian KMP Tanjung Burang yang membawa kemanfaatan besar bagi layanan akses transportasi masyarakat Sumatera Barat, Gubernur Mahyeldi juga menaruh dukungan yang besar terhadap pembangunan Pelabuhan Teluk Bungus, dimana tahun lalu telah di lakukan pembangunan tahap 1 pada dermaga 2 dan perbaikan moving bridge, tahun ini semoga dapat direalisasikan pembangunan lanjutan dermaga dua ini, sehingga tahun depan dilakukan pembangunan pada sisi darat pelabuhan ini.

"Semoga sinergisitas yang sudah berlangsung baik ini dapat lebih ditingkatkan sehingga kita dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, mewujudkan transportasi yang berkeselamatan, aman, nyaman bagi masyarakat Sumatera Barat ini khususnya dan Indonesia umumnya," tandasnya.

(TRY/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi