Kembangkan Pariwisata Pasca Lebaran, Sandiaga Fokus Tiga Hal

Kembangkan Pariwisata Pasca Lebaran, Sandiaga Fokus Tiga Hal
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat menjawab pertanyaan media di acara "Weekly Press Briefing" yang berlangsung secara hybrid, Jakarta. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengapresiasi pemerintah Daerah yang tegas menutup sementara destinasi wisata karena tidak menaati protokol kesehatan, Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability

Kata dia, langkah-langkah antisipatif Pemda yang perlu diapresiasi, seperti di DKI Jakarta telah menutup sementara Ancol, Ragunan, dan TMII.

Banten juga melakukan penutupan sementara destinasi wisata Pantai Anyer-Carita.

Di Surabaya, Kolam Renang Waterpark Kenjeran juga ditutup, Pantai Batukaras di Pangandaran, Waterpark HJR di Kecamatan Jatisari, hingga Kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu ditutup.

Di musim liburan lebaran tahun ini pemerintah meniadakan mudik guna menekan penyebaran Covid-19. Namun untuk kegiatan wisata lokal, masih diperbolehkan dengan tetap memperhatikan data-data penyebaran Covid-19 yang ada.

"Keputusan ini berada sepenuhnya di bawah kewenangan pemerintah daerah dan pihak-pihak terkait dengan juga melihat aglomerasi yang ditetapkan," kata Sandiaga, Rabu (19/5).

Meski demikian, lonjakan wisatawan yang datang ke destinasi wisata melampaui kapasitas, sehingga membuat Kemenparekraf berkoordinasi dengan Pemda untuk menutup tempat wisata sementara waktu. Hal tersebut bertujuan agar menekan risiko angka penyebaran Covid-19.

Dari hasil monitoring dan evaluasi sementara yang dilakukan, ada tiga kategori dalam perkembangan pariwisata saat libur lebaran kemarin, yakni ada pelaku Parekraf yang sudah melakukan secara ketat dan disiplin, pelaku yang masih membutuhkan perbaikan, dan pelaku yang sama sekali belum menerapkan protokol kesehatan ketat dan disiplin.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, pihaknya akan terus menyosialisasikan protokol kesehatan CHSE pada pelaku Parekraf. Hal ini bertujuan agar kasus lonjakan wisatawan di destinasi wisata tidak terjadi kembali saat libur nasional.

"Oleh karena itu kami memberikan pengarahan yang jelas kepada destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif untuk bersiap-siap," ujarnya.

"Kami berkoordinasi dengan pemda dan Satgas Covid -19 setempat, terutama kepolisian juga untuk bertindak tegas. Bahwa destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif yang tidak patuh harus diambil langkah-langkah yang persuasif, yang tegas untuk membatasi dan kalau perlu menutup," sambungnya.

Sandiaga mengatakan ada 3 fokus yang akan dilakukan Kemenparekraf pasca-lebaran, yakni meningkatkan keterampilan pelaku pariwisata ekonomi kreatif untuk menghadapi tantangan dan peluang di tengah pandemi dan pasca lpandemi.

Kedua, memastikan kebijakan ke depan sektor Parekraf harus berkelanjutan dan berkeadilan. Terakhir, memastikan program pemerintah bisa menyentuh masyarakat yang betul-betul membutuhkan.

Di kesempatan itu, ia memamerkan resiliensi pariwisata khususnya lima destinasi super prioritas dan ekonomi kreatif Indonesia di masa pandemi dalam pameran Arabian Travel Market (ATM) Dubai 2021.

Pameran ATM Dubai 2021 dilaksanakan pada 16-19 Mei 2021 secara luring di Dubai World Trade Center. Kemudian, dilanjutkan dengan webinar dan event daring lainnya pada 24-26 Mei 2021.

"Kami hadir karena tingginya minat wisatawan khususnya dari Timur Tengah dan juga dari berbagai negara Eropa, Amerika, dan Afrika berkaitan dengan potensi dibukanya travel corridor arrangement di beberapa destinasi terutama Bali. Kegiatan ini fokus pada promosi tentunya di 5 destinasi super prioritas yaitu Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika, dan Likupang," ujarnya.

Ia akan mempelajari protokol kesehatan apa saja yang dilakukan dalam menyelenggarakan event dalam skala internasional untuk diterapkan di Indonesia.

"Di Dubai, nanti Deputi Bidang Pemasaran, Nia Niscaya, juga akan mencatat protokol-protokol apa saja yang diterapkan, karena salah satu kandidat travel corridor arrangement itu adalah Dubai. Jadi kita ingin juga belajar di sana bagaimana mereka menangani handling di airport, ini yang harus kita persiapkan juga di beberapa destinasi yang jadi kandidat travel corridor arrangemen," tambahnya.

(TRY/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi