PPDB Jalur Zonasi Diperpanjang, Kadisdik Sumut Akui Ada Masalah dan Minta Maaf

PPDB Jalur Zonasi Diperpanjang, Kadisdik Sumut Akui Ada Masalah dan Minta Maaf
Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sumut, Prof Wan Syaifuddin (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Tim IT Dinas Pendidikan Sumatera Utara (Sumut) terus berkerja marato menuntaskan persoalan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) 2021. Hingga Jumat (18/6) untuk PPDB jalur afirmasi, prestasi, serta pindah tugas orang tua, sudah selesai dan berjalan baik.

“Yang masih mengalami kendala, PPDB jalur zonasi SMAN dan SMKN Tahun Pelajaran 2021/2022,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sumut, Prof Wan Syaifuddin.

Permasalahan pendaftaran melalui jalur zonasi akan diselesaikan melalui tahapan: 1. Perbaikan sistem dari tanggal 18-27 Juni 2021; 2. Pendaftaran Peserta Didik Baru SMAN akan dilaksanakan tanggal 28 Juni 2021-2 Juli 2021 dan akan diumumkan pada tanggal 3 Juli 2021-4 Juli 2021.

Selanjutnya Pendaftaran Peserta Didik Baru SMKN akan dilaksanakan pada tanggal 3-8 Juli 2021 dan akan diumumkan pada tanggal 9 Juli 2021-10 Juli 2021. Calon peserta didik yang telah mendaftar jalur zonasi pada tanggal 16-18 Juni 2021 tidak perlu mendaftar ulang.

“Pelaksanaan pendaftaran di atas dalam kurun waktu, dan tidak mengganggu kalender akademik,” ucapnya.

Prof Wan Syaifuddin selaku pimpinan Dinas Pendidikan Sumut menyampaikan permohon maaf kepada semua pihak atas segala ketidaklancaran dan permasalahan pelaksanaan PPDB.

Diungkapkan, Prof Wan Syaifuddin, mengingat urgensi pelaksanaan PPDB SMKN dan SMAN, maka ketidaklancaran pelaksanaan yang sebagaimana terjadi saat ini menjadi perhatian pimpinan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut.

“Saya telah dipanggil dan diberikan arahan oleh Bapak Wakil Gubernur Sumut. Pada saat Wagub Sumut memanggil dan memberi arahan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumut dihadiri Sekretaris Daerah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Inspektur Provinsi Sumut,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Kadis Pendidikan Sumut menjelaskan secara detail dan rinci penyebab ketidaklancaran atau permasalahan PPDB 2021 kepada Wagub Sumut. Salah satu penyebabnya adalah adanya gangguan pada sistem/aplikasi.

Kepala Dinas Pendidikan Sumut menyatakan permohonan maaf kepada pimpinan dan kepada seluruh masyarakat Sumut, khususnya kepada peserta didik dan orangtuanya.

“Kami berkomitmen akan segera memperbaiki gangguan sistem dalam waktu tidak terlalu lama,” tandasnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi