Tapanuli Selatan Kembali Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak

Tapanuli Selatan Kembali Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak
Bupati Tapanuli Selatan, Dolly Putra Parlindungan Pasaribu (Analisadaily/Hairul Iman Hasibuan)

Analisadaily.com, Sipirok - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan kembali meraih penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) tahun 2021 dengan kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Penghargaan itu diserahkan oleh Menteri PPPA, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, kepada Bupati Tapanuli Selatan, Dolly Pasaribu, melalui zoom meeting di Aula Sarasi, Lantai III, Kantor Bupati Tapsel, Sipirok, Kamis (29/7).

Usai menerima penghargaan, Dolly mengatakan prestasi ini merupakan hasil kerja keras semua pihak dalam memastikan pemenuhan hak-hak anak di Kabupaten Tapanuli Selatan.

Menurutnya boleh mengadakan selebrasi, sekadar bersuka cita, bersyukur dan tidak boleh puas atas prestasi hari ini, namun jarus melaksanakan tugas secara maksimal dalam memberikan fasilitas yang terbaik sesuai dengan 24 kategori kabupaten layak anak.

"Jadikan KLA sebagai budaya dan kebiasaan sehari-hari bukan karena mengikuti perlombaan akan tetapi kita harus benar-benar memberikan kenyamanan untuk tumbuh kembang anak, dan ini sudah menjadi kebiasaan yang baik semoga tahun depan akan lebih baik lagi," kata Dolly.

Dia menyebut masih banyak tugas lain yang bersentuhan dengan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

"Misalnya bagaimana agar kaum perempuan tidak dimarjinalkan, begitu juga kekerasan pada anak, kenakalan anak remaja, situasi masyarakat akibat pandemi Covid-19 terutama pada kegiatan belajar mengajar dan dampak terhadap ekonomi," ungkapnya.

Diharapkannya, penguatan koordinasi dengan para stakeholder agar dapat terus ditingkatkan, karena anak adalah investasi kita dimasa yang akan datang sebagai modal dasar pembangunan sehingga menjadi tanggungjawab bersama untuk menjadikan generasi penerus bangsa yang berkualitas dan tangguh.

Sebelumnya, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, mengatakan dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas serta berdaya saing, sebagaimana yang telah di tuangkan dalam RPJMN 2020-2024, semua pihak harus menyatukan kekuatan untuk memenuhi dan melindungi hak-hak anak.

(HIH/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi