Rumah Dinas Kajari Tapsel Mulai Dibangun

Rumah Dinas Kajari Tapsel Mulai Dibangun
Peletakan batu pertama rumah dinas Kajari Tapsel (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sipirok - Rumah dinas Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tapanuli Selatan (Tapsel) di atas lahan seluas dua hektare hibah dari Pemkab Tapsel di Sipirok mulai dibangun, Kamis (28/10).

Ketua Komisi Kejaksaan Republik Indonesia, Barita Simanjuntak, menyaksikan langsung peletakan batu pertama pembangunan rumah dinas Kajari dengan luas bangunan 337,5 persegi.

Kepala Dinas PUPR Tapsel, Chairul Rizal Lubis, mengatakan rumah dinas Kajari dibangun bersamaan dengan enam unit rumah untuk kepala seksi.

"Sistem pembangunannya bertahap. Tahap awal menelan anggaran sekitar Rp1,5 miliar dari total Rp 4 miliar," kata Chairul.

Sementara Kepala Kejaksaan Negeri Tapsel, Antoni Setiawan, mengucapkan terimakasih atas atensi Pemkab Tapsel termasuk unsur DPRD yang telah mengetuk palu pada APBD-P 2021 sehingga rumah dinas kejaksaan bisa dimulai pembangunannya.

"Kami berharap bangunan rumah yang sejak lama telah kami impikan ini ke depan secara bertahap dapat terwujud. Selain bentuk siner?gitas antar forkopimda, fasilitas rumah ini juga mendorong kinerja kejaksaan lebih nyaman mengingat mencari rumah sewa yang representatif di Sipirok cukup susah," ujarnya.

Bupati Tapsel, Dolly Pasaribu, menyebut dimulainya pembangunan rumah dinas Kajari yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda menjadi momentum dalam membangun sinergitas antara pemerintah dan kejaksaan dengan "satu bahasa" demi memajukan Tapsel.

"Kiranya dengan terbangunnya rumah dinas ini akan dapat menjadi pemacu semangat kerja pihak kejaksaan dalam menjalankan fungsi hukum, serta lebih meningkatkan lagi sinergitas yang sudah terbangun baik selama ini," ujarnya.

Sementara Ketua Komisi Kejaksaan, Barita Simanjuntak, mengatakan dengan dibangunnya rumah dinas Kajari dan Kasi-Kasi menandakan hubungan baik antar Forkopimda di Bumi "Dalihan Natolu" Tapsel.

"Saya bangga melihat sinergitas seperti ini dan menjadi contoh bagi daerah lain. Mudah-mudahan ke depan bangunan rumah dinas ini dapat tuntas (diresmikan). Setelahnya, saya juga akan mendorong pihak Kejaksaan Agung untuk dapat membangun Kantor Kejari Tapsel. Karena perhatian Pemkab Tapsel membangun fasilitas rumah dinasnya sudah," sebutnya.

Turut hadir dalam peletakan batu pertama para Kasi Kejari Tapsel, Sekretaris Komisi Kejaksaan RI Tyas Widyarto, tokoh masyarakat Syahrul M. Pasaribu, Ketua DPRD Tapsel Husin Sogot Simatupang, Anggota DPRD Tapsel Bashit Dalimunthe, Kapolres Tapsel AKBP Roman Smarhadana Elhaj, Dandim 0212/TS Letkol (Inf) Rooy Chandra Sihombing, Sekda Tapsel Parulian Nasution, dan sejumlah pejabat Pemkab, Polres, Kodim 0212/Tapanuli Selatan.

(HIH/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi