Dosen UMSU Beri Pelatihan Desain Grafis Berbasis Adobe Illustrator ke Guru SMP

Dosen UMSU Beri Pelatihan Desain Grafis Berbasis Adobe Illustrator ke Guru SMP
Pelatihan Desain Grafis berbasis Adobe Illustrator (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Deliserdang - Pelaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) UMSU merupakan wujud keseriusan UMSU berperan dalam memperbaiki kualitas pendidikan di sekolah.

Kegiatan berjudul “Pelatihan Desain Grafis Berbasis Adobe Illustrator (AI) Bagi Guru SMP Muhammadiyah 47 Sunggal”. Tim PKM terdiri dari Baihaqi Siddik Lubis sebagai ketua PKM dan Suci Perwita Sari serta Eko Febri Syahputra Siregar sebagai anggota, juga melibatkan 2 mahasiswa.

Baihaqi Siddik Lubis dalam keterangannya, menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah untuk membuat bahan ajar yang menarik bagi siswa. Guru dapat membuat bahan ajar berupa buku paket berbasis komik menggunakan adobe illustrator. Mengingat pembelajaran online saat ini belum memberi makna bagi siswa.

“Guru masih konvensional dalam mengajar siswa ditambah lagi rendahnya kemampuan guru dibidang teknologi menambah panjang daftar permasalahan pembelajaran di sekolah saat pandemi ini,” kata Baihaqi, Rabu (25/8).

Oleh sebab itu, penting untuk dilakukannya pelatihan ini agar guru tidak merasa kesulitan untuk beradaptasi dengan teknologi seperti saat pandemi ini, dan guru dipaksa untuk beradaptasi dengan teknologi serta harus dapat menyajikan pembelajaran bermakna bagi siswa dengan keterbatasan kemampuan teknologi yang dimilikinya.

Kepala SMP Muhammadiyah 47, Saprindo Simanjuntak, sangat mendukung kegiatan ini sebagai upaya peningkatan kemampuan teknologi guru. Besar harapan kegiatan seperti ini dapat dilakukan kembali di sekolahnya.

“Kegiatan ini akan sangat membantu sekali bagi guru,” ujarnya.

Kegiatan ini ditutup oleh Sekretaris Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasamen) Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Sunggal, Lukmanul Hakim.

“Kegiatan ini diharapkan terus dapat dilakukan tidak hanya di sekolah SMP Muhammadiyah 47 Sunggal, tetapi di sekolah-sekolah Muhammadiyah lainnya, karena sangat bermanfaat dalam mendukung kegiatan pembelajaran berbasis teknologi,” tandasnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi