Bantu Rumah Sakit di Sumut

Tanoto Foundation-Asian Agri Sumbangkan Konsentrator Oksigen

Tanoto Foundation-Asian Agri Sumbangkan Konsentrator Oksigen
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, saat menerima bantuan secara simbolis 40 unit konserator oksigen dari Tanoto Foundation dan Asian Agri di Rumah Dinas Gubus, Medan, Jumat (27/8) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Asian Agri bersama Tanoto Foundation, organisasi filantropi independen yang didirikan Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto secara simbolis menyerahkan 40 unit konsentrator oksigen kepada Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, di Rumah Dinas Gubsu, Jumat (27/8).

Bantuan ini untuk didistribusikan ke rumah sakit di Provinsi Sumatera Utara sebagai rangkaian dari program "Oksigen Untuk Indonesia" dari Tanoto Foundation yang sebelumnya telah menyerahkan 3.000 unit konsentrator oksigen kepada Kementerian Kesehatan.

Dalam siaran persnya yang diterima Analisadaily.com, Edy Rahmayadi mengungkapkan terima kasihnya atas donasi tersebut.

"Saya mewakili warga Sumut mengucapkan terima kasih atas donasi konsentrator oksigen dari Tanoto Foundation dan Asian Agri. Donasi ini tentu akan sangat membantu dalam penanganan pasien Covid-19 di Sumut," ungkapnya.

"Dalam kesempatan kali ini kami pun ingin mengingatkan pada warga untuk tetap menjalankan protokol kesehatan agar kita bisa segera melalui pandemi ini," lanjutnya.

Terpisah, CEO Global Tanoto Foundation, J. Satrijo Tanudjojo, menegaskan kembali komitmen pihaknya dalam mendukung pemerintah Indonesia selama pandemi Covid-19.

"Ketika kasus Covid-19 naik pada awal Juli, pimpinan Tanoto Foundation segera menghubungi pemerintah Indonesia lewat Kemenkes untuk mencari tahu bantuan apa yang sedang dibutuhkan. Kami bersyukur bahwa setelah program Oksigen Untuk Indonesia diluncurkan, Kemenkes melaporkan bahwa pemenuhan oksigen di rumah sakit di Indonesia, khususnya Jawa-Bali telah membaik. Tanoto Foundation akan terus mendukung pemerintah dan melakukan upaya terbaik untuk membantu penanganan pandemi," tuturnya.

Sementara, Head Social Capital Asian Agri, David Alamsjah, mengatakan, bantuan konsentrator oksigen ini salah satu bentuk dukungan perusahaan kepada pemerintah dalam menanggulangi Covid-19.

"Kami berharap bantuan ini dapat mengatasi kekurangan pasokan oksigen dan bisa meyelamatkan nyawa pasien yang sedang berjuang melawan Covid-19," ujarnya saat menyerahkan bantuan di lokasi.

Oksigen Untuk Indonesia

Sejak awal Juli 2021, Tanoto Foundation telah bekerja sama dengan Kemenkes untuk membantu mengatasi kekurangan pasokan oksigen akibat kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia.

Pada 9 Juli 2021, yayasan ini mendonasikan 500 ton oksigen cair yang diproduksi PT Riau Andalan Pulp & Paper (APRIL Group). Sebagian besar oksigen cair itu telah diterima berbagai rumah sakit di enam provinsi di Jawa dan Sumatera.

Kemudian, dalam rentang 13 Juli-10 Agustus 2021, Tanoto Foundation mendonasikan 3.000 unit konsentrator oksigen kepada Kemenkes. Sebanyak 1.000 unit pertama sebagai bagian donasi bersama 11.000 unit dengan 15 organisasi mitra. Kemudian, 2.000 unit lainnya didatangkan langsung dari Foshan, Tiongkok, yang terdiri dari 1.400 unit single-channel konsentrator oksigen dengan kapasitas 10L/menit dan 600 unit double channel konsentrator oksigen dengan kapasitas 10L/menit.

Pada April 2020, tidak lama setelah kasus pertama Covid-19 diumumkan di Indonesia, Tanoto Foundation mendonasikan 1 juta masker medis, 1 juta sarung tangan, 100.000 alat pelindung diri (APD), dan 3.000 pelindung mata untuk tenaga kesehatan Indonesia di tengah kekurangan pasokan peralatan medis. Semua donasi ini tiba dalam 10 hari pertama pelaksanaan PSBB.

(GAS/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi