Longsor di Karo, 5 Orang Tertimbun Tanah, 1 Diantaranya Meninggal Dunia

Longsor di Karo, 5 Orang Tertimbun Tanah, 1 Diantaranya Meninggal Dunia
Longsor yang terjadi di Desa Sugihen, Kecamatan Dolat Rakyat, Kabupaten Karo, Minggu (26/9). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Karo - Longsor terjadi di Desa Sugihen, Kecamatan Dolat Rakyat, Kabupaten Karo, Minggu (26/9) pukul 15.08 WIB. Akibatnya, lima orang tertimbun material tanah longsor tersebut dan satu ditemukan meninggal dunia.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Karo, Juspri Nadeak mengatakan, lokasi longsor tengah dilakukan pengerjaan untuk perbaikan penahan tebing jalan dan saluran air oleh kontraktor di bawa pengawasan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Karo.

"Terjadi musibah tanah longsor yang mengakibatkan korban jiwa diduga sementara lima orang pekerja tertimbun tanah," katanya, Minggu (26/9) malam.

Juspri menuturkan, satu pekerja berhasil diselamatkan dengan luka di bagian kaki dan sudah dibawa ke rumah sakit terdekat. Kemudian, seorang pekerja tertimbun tanah longsor sudah berhasil dievakuasi dalam keadaan meninggal dunia.

"Sudah ditemukan 1 korban atasnama Agus (21) warga Tanah Seribu Kota Binjai dan sudah dievakuasi ke RSU Kabanjahe," ucapnya.

Berdasarkan informasi diperoleh di lokasi tersebut, sudah pernah jadi longsor. Sehingga kondisi tanah labil dan dapat setiba-setiba terjadi tanah longsor. Meski tidak terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

"Untuk cuaca di lokasi tidak terjadi hujan. Diduga sementara tanah yang labil mengakibatkan longsor," jelas Juspri.

Evakuasi korban masih terus dilakukan dengan melibatkan tim SAR gabungan dari TNI/Polri setempat, BPBD Karo, pihak Kecamatan dan dibantu oleh warga sekitar.

"Petugas gabungan masih melakukan pencarian terhadap tiga korban yang masih tertimbun material tanah longsor," tandas Juspri.

Adapun data korban dalam peristiwa tanah longsor tersebut adalah.

Korban selamat, Riswan (23) warga Tanah Seribu, Kota Binjai mengalami patah kaki.

Korban meninggal dunia, Agus (22) warga Tanah Seribu, Kota Binjai dievakuasi ke RSUD Kabanjahe, Kabupaten Karo.

Korban yang masih dalam pencarian tim SAR gabungan adalah, Rehan (19), Rian (21) dan Reza (19), yang merupakan warga Tanah Seribu, Kota Binjai.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi