Kartu ATM Masuk Gorong-gorong, Yudi Malah Panggil Petugas Damkar

Kartu ATM Masuk Gorong-gorong, Yudi Malah Panggil Petugas Damkar
Sejumlah petugas damkar mencari kartu ATM milik warga yang masuk gorong-gorong (Detik.com)

Analisadaily.com, Jakarta - Seorang warga mengalami naas ketika kartu ATM miliknya masuk ke gorong-gorong di daerah Matraman, Jakarta Timur. Tapi bukannya menghubungi pihak bank untuk mengganti kartu, warga tersebut justru memanggil petugas pemadam kebakaran (damkar) untuk membantu mencarikan ATM di dalam gorong-gorong.

Setelah beberapa saat dilakukan pencarian, akhirnya kartu ATM tersebut berhasil dievakuasi petugas damkar. Lantas mengapa warga itu memilih minta tolong damkar dibanding mengajukan permohonan pembuatan kartu ATM pengganti ke bank?

"Itu kejadiannya Jumat (8/9/2021) sore, saat jam kantor sudah mulai tutup memang. Dan bank hanya bisa buka dua hari kemudian untuk bikin kartu ATM baru," kata Kepala Operasional Sudin Damkar Jakarta Timur, Gatot Sulaiman, dilansir dari detikcom, Sabtu (9/10).

Gatot menceritakan pemilik kartu ATM, Yudiansyah, memilih berupaya dengan bantuan damkar lantaran khawatir dia butuh menarik uang dari ATM pada Sabtu atau Minggu. Petugas damkar pun langsung ke gorong-gorong tersebut setelah menerima laporan.

"Jadi dia langsung kepikiran melapor ke pemadam kebakaran. Dalam artian kartu ATM setelah diambil, sudah bisa dipergunakan, sehingga kemungkinan besar (jika) pemilik ATM ini Sabtu dan Minggu membutuhkan biaya yang bisa diambil sewaktu-waktu," ujar Gatot.

Enam petugas damkar dengan hati-hati melakukan proses evakuasi. Gatot mengaku menggunakan alat rescue ketinggian.

"Untuk peralatan yang kami gunakan semacam alat rescue ketinggian dan sebagainya. Kami angkat dari beton tersebut dan kami masuk ke dalam selokan. Alhamdulillah kartu ATM milik warga sudah diberikan dalam kondisi utuh. Mudah-mudahan bisa dipergunakan," terangnya.

Sebelumnya, momen evakuasi kartu ATM itu juga diunggah ke akun Instagram @humasjakfire. Petugas damkar tampak menggunakan alat guna mengambil ATM yang terjatuh. Dengan anggota enam orang, ada yang mengerahkan alat dan ada yang terjun ke gorong-gorong untuk mengambil kartu ATM.

"Awas, pelan-pelan," ujar perekam video.

Dalam video yang diunggah, warga setempat turut menyaksikan pembongkaran gorong-gorong. Kejadian ini sontak mendatangkan perhatian bagi warga sekitar.

Saat gorong-gorong berhasil dibuka, salah satu petugas langsung turun ke bawah guna mengambil kartu ATM. Mereka pun berhasil menyelamatkan ATM tersebut.

Kartu ATM itu terjatuh di gorong-gorong pada Jumat (8/10) sore. Kartu ATM itu terjatuh saat pemiliknya akan membayar bakso di depan Bank DKI Matraman, Kelurahan Kebon Manggis, Jaktim.

"Petugas damkar yang menerima laporan segera ke lokasi untuk proses evakuasi. Setelah sekitar 10 menit ATM berhasil dievakuasi dan langsung diberikan kepada pemiliknya," tulis petugas di akun @humasjakfire.

(EAL)

Baca Juga

Rekomendasi