Hentikan Serangan Terhadap Pers dan Demokrasi

Hentikan Serangan Terhadap Pers dan Demokrasi
Peraih Nobel Perdamaian 2021, Maria Ressa (kiri bawah) dalam Forum Regional “Press In Distress” yang berlangsung dalam jaringan (daring), Jumat (8/10). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta - Jurnalis senior Filipina, peraih penghargaan Nobel Perdamaian 2021, Maria Ressa menegaskan, ia berdiri dalam satu barisan bersama koalisi tiga negara (Indonesia, Malaysia dan Filipina) sebagai respon terhadap menguatnya tekanan pada pers dan demokrasi di Asia Tenggara.

Ressa menekankan pentingnya kerjasama yang solid dalam menghentikan serangan-serangan terhadap jurnalis lewat penyalahgunaan hukum dan manipulasi informasi, khususnya selama pandemi Covid-19 yang berisiko dimanfaatkan untuk kepentingan pihak-pihak yang berbahaya bagi kebebasan pers dan demokrasi.

“Saya menyukai gagasan komunitas yang ingin kita bangun bersama ini. Lebih-lebih pada situasi pandemi, orang-orang merasa terisolasi sehingga rawan sekali dimanipulasi lewat media sosial," kata Ressa dalam Forum Regional “Press In Distress” via Zoom, tak lama setelah dirinya dinyatakan memenangi Nobel Perdamaian, Jumat (8/10).

Jurnalis senior Tempo dan anggota Dewan Pers, Arif Zulkifli mengatakan, apa yang dialami Ressa di Filipina merupakan potret demokrasi saat ini yang juga terjadi di Indonesia dan negara-negara lain.

Dia menyampaikan, serangkaian serangan fisik, digital hingga kriminalisasi terhadap jurnalis dan aktivis di Indonesia yang bersuara keras terhadap kebijakan-kebijakan yang dianggap merugikan publik, seperti RUU Cipta Kerja dan RUU KPK pada 2019 silam.

"Tanpa perlawanan serius, serangan akan menjadi jalan pintas terhadap pembungkaman media dan siapa saja yang berusaha kritis menyuarakan kebenaran," kata Zulkifli.

Pendiri Malaysiakini, Steven Gan, menyoroti perlunya penggalangan dukungan publik, termasuk dalam hal pembiayaan. Menurut dia, kebebasan pers akan sulit ditegakkan apabila publik tidak melihat jurnalisme sebagai hal yang serius diperhatikan.

Forum regional ini merupakan gagasan sejumlah organisasi jurnalis dan sineas di tiga negara, yang terdiri dari Aliansi Jurnalis Independen (Indonesia), Freedom Film Network, Gerakan Media Merdeka (Geramm), Center for Independent Journalism (CIJ) Malaysia, serta Dakila, Active Vista dan Rappler di Filipina.

Forum ini dibuka dengan pemutaran film dokumenter "A Thousand Cuts" tentang perjuangan Maria Ressa dan tim Rappler melawan kesewenang-wenangan rezim Presiden Rodrigo Duterte, terutama dalam penanganan isu-isu narkoba.

"Sangat penting bagi kita semua untuk bersama-sama melindungi institusi pers, karena jika jurnalisme independen mati, maka demokrasi juga akan mati,” kata Pendiri Freedom Film Network, Anna Har.

Baik AJI, CIJ, Geramm, dan Dakila menyatakan, perlunya melanjutkan kolaborasi di tingkat kawasan.

"Perlu ada solidaritas dan semangat bersama untuk mengawal kebebasan pers di Asia Tenggara. Kemenangan Maria Ressa akan membakar semangat media di Malaysia untuk bersuara lebih lantang dalam menyuarakan kebebasan pers dan berekspresi," tegas Juru Bicara Geramm, Radzi Razak.

Ketua AJI Indonesia, Sasmito, akan terus membuka ruang-ruang kolaborasi dengan berbagai jejaring di Asia Tenggara. Koalisi tiga negara tersebut, lanjut dia, merupakan alarm terhadap menguatnya kekuasaan yang dirasa mulai anti terhadap demokrasi.

"Jurnalis tidak boleh ditundukkan, karena jurnalis harus berperan sebagai watchdog, mengawal demokrasi, mengungkap praktik-praktik kotor, serta melawan penyalahgunaan kekuasaan," tutur Sasmito.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi