Pasca Digrebek BNN, Gedung FIB USU Akan Dirombak Seperti Teater Kolam

Pasca Digrebek BNN, Gedung FIB USU Akan Dirombak Seperti Teater Kolam
RektorUniversitas Sumatera Utara, Muryanto Amin, saat memberikan keterangan di gedung FIB USU, Selasa (12/10). (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily.com, Medan - Pasca penggrebekan yang dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Utara pada Sabtu (9/10) kemarin, Rektorat Universitas Sumatera Utara, Muryanto Amin mengatakan, akan merombak Fakultas Ilmu Budaya (FIB).

Kata dia, bakal merombak menjadi lebih terbuka, supaya dapat memantau aktivitas mahasiswa pasca penggrebekan.

"Itu akan kita ratakan nanti jadi kita buat tempat terbuka, rencananya mau dibuat kayak teater kolam karena ini FIB, sehingga aktivitasnya bisa kita dipantau," kata Muryanto, Selasa (12/10).

Ia juga memberlakukan larangan bagi mahasiswa yang berada di ruangan atau lokal yang terdapat di FIB hingga malam hari.

"Namun, mahasiswa diperbolehkan hingga malam hari di sana apabila ada pendampingan dari dosen dan petugas keamanan atau sekuriti," tegasnya.

BNNP Sumut menggrebek FIB USU, pada Sabtu (9/10) malam. Dalam penggrebekan itu, petugas mengamankan sebanyak 47 orang. Saat dilakukan tes urine, sebanyak 31 orang dinyatakan positif mengonsumsi narkoba.

Kepala BNNP Sumut, Brigjen Pol Toga Panjaitan mengatakan pihaknya menyatakan ke 31 orang itu sebagai korban penyalahgunaan narkoba. Untuk itu, kata Toga, pihaknya akan melakukan rehabilitasi terhadap mereka.

"Mereka ini korban penyalahguna narkoba. Jadi nanti kita obati, mudah-mudahan bisa sembuh," terangnya.

Dari penggrebekan itu, petugas juga menemukan barang bukti ganja seberat 508,6 gram. 265 gram ganja diantaranya milik tersangka JHS yang disuplai dari tersangka DM dan FAY.

"Petugas menemukan ganja sebagian dibungkus plastik kecil per pekatnya seberat 1,8 gram. Dan sisanya 243,6 gram ganja belum diakui atau tidak bertuan," pungkas Toga.

Wakil Rektor I USU, Edy Ikhsan mengatakan pengerebekan narkoba di lingkungan USU tidak lepas memberantas narkoba dan persiapan USU menggelar perkuliahan tatap muka yang akan digelar dalam waktu dekat ini.

"Kita sedang mempersiapkan pembelajaran tatap muka, yang akan digelar paling cepat semester selanjutnya. Salah satunya kita ingin memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika yang terindikasi ada di lingkungan USU," katanya.

Edy menjelaskan, pihak USU sudah lama mencurigai aktivitas mahasiswa dan pihak luar di FIB USU berdasarkan pemantauan dari pihak keamanan kampus USU sendiri. Kemudian, USU mengirimkan surat kepada BNN Provinsi Sumatera Utara untuk dilakukan penyisiran di lingkungannya.

"Ini merupakan hasil koordinasi kita dengan BNN Provinsi Sumatera Utara, karena sebelumnya kita sudah mengirimkan surat agar dilakukan penyisiran di lingkungan USU," jelasnya.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi