Antisipasi Daerah Rawan Bencana, Polda Sumut Siapkan 3 Kompi Personel Gabungan

Antisipasi Daerah Rawan Bencana, Polda Sumut Siapkan 3 Kompi Personel Gabungan
Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Dalam mengantisipasi bencana, Kepolisian Daerah (Polda) Sumut menurunkan 3 kompi personel gabungan yang nantinya disiapkan di wilayah rawan bencana.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan, berkaca pengalaman sebelumnya, tentu tidak diharapkan bencana itu hadir. Tapi Polda Sumut antisipasi dengan berbagai langkah yang dilakukan, mana kala terjadi bencana alam.

"Adapun Biro Ops dan jajaran sudah menyiapkan tiga kompi gabungan untuk antisipasi jika terjadi bencana alam," katanya kepada wartawan, Selasa (2/11).

Hadi menjelaskan, 3 kompi yang diturunkan itu terdiri dari Krimum, Sabhara, Lalu Lintas dan Polair. Termasuk dengan perlengkapan dan peralatan yang tersedia.

"Kompi ini siap digerakkan ke daerah yang terjadi bencana atau antisipasi rawan bencana. Satu kompi itu 60 orang," jelasnya.

Selain di Polda, kata Hadi bahwa Polres jajaran juga menyiapkan sepertiga atau dua pertiga kekuatan mana kala di daerahnya terjadi bencana longsor, banjir dan lainnya. Hal tersebut merupakan langkah responsif jika terjadi bencana.

"Tentunya tidak hanya Polri, tetapi juga ada TNI. Imbauannya, masyarakat lebih berhati-hati. Sudah ada kejadian di KM30 di Karo, ini keprihatinan kita semua," ucapnya.

Diketahui, Sumut saat ini sudah memasuki musim penghujan. Bahkan, hari ini banjir terjadi di sejumlah titik baik di Kota Medan, Deliserdang, Serdang Bedagai, dan daerah lainnya.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi