Curah Hujan Tinggi, Pemda Diminta Antisipasi Bencana

Curah Hujan Tinggi, Pemda Diminta Antisipasi Bencana
Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian dan Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, saat memberikan keterangan pers di Medan, Rabu (17/11). (ANTARA/Andika Syahputra)

Analisadaily.com, Medan - Berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), curah hujan dengan intensitas tinggi akan terjadi lebih awal.

"Pemerintah daerah agar menyiapkan antisipasi, mitigasi. Persiapkan secara lebih awal karena ini bencana yang selalu hadir setiap tahun," kata Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin dilansir dari Antara, Rabu (17/11).

Selain faktor iklim, kata dia, bencana terjadi karena ada kerusakan lingkungan. Pemerintah daerah, harus bisa mengantisipasi hal itu agar dampak yang ditimbulkan ketika terjadi bencana tidak terlalu besar.

"Bencana selalu ada, situasi tidak mungkin dihindari dan yang kita harapkan itu bagaimana memperkecil dampak bencana kepada masyarakat. Misalnya mereka harus mengungsi dan lebih siap bentuk rumah seperti apa supaya tidak kebanjiran misalnya, kemudian dipindahkan ke daerah yang lebih tinggi," katanya.

Dia sudah meminta pemerintah daerah untuk mengalokasikan anggaran yang cukup bagi penanganan bencana.

"Ketika ada korban jiwa dan saya juga minta Menteri Sosial sedini mungkin mengantisipasi daerah yang terkena banjir dan daerah juga menganggarkan dana penanggulangan bencana dan banyak hal yang harus dilakukan," tutupnya.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi