Pekan Kuliner Kondang, Upaya Dorong Digitalisasi UMKM di Medan

Pekan Kuliner Kondang, Upaya Dorong Digitalisasi UMKM di Medan
Wali Kota Medan, Bobby Nasution, saat pembukaan Pekan Kuliner Kondang UMKM Medan, Jumat (19/11) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Medan menyelenggarakan program bimbingan UMKM dan festival kuliner bertajuk Pekan Kuliner Kondang UMKM Medan di daerah Kesawan, Medan pada 19-21 November 2021.

Acara tersebut memberikan ajang promosi dan ruang berbisnis bagi 40 UMKM lokal, lengkap dengan protokol kesehatan yang ketat dan didukung layanan pembayaran digital ShopeePay sebagai metode pembayaran nirkontak yang dapat digunakan masyarakat.

Wali Kota Medan, Bobby Nasution, dalam pembukaan di Gedung Warenhuis, Jalan Hindu, Jumat (19/11), mengatakan, "Sebagai tulang punggung perekonomian, UMKM membutuhkan dukungan dari banyak pihak untuk dapat bangkit dan tumbuh dari situasi pandemi.”

Disebutkannya, selain memperkenalkan UMKM binaan TP PKK Medan ke masyarakat yang lebih luas, diharapkan acara Pekan Kuliner Kondang UMKM Medan dapat mendorong arus transaksi masyarakat terhadap bisnis dan menjadi penyulut semangat juang pelaku UMKM di sektor kuliner yang terdampak oleh pandemi.

“Melalui acara ini, kami juga ingin mendorong digitalisasi pelaku UMKM di Medan agar dapat menjangkau peluang baru dalam ekosistem digital dan mendukung keberlangsungan bisnis mereka. Kami berkomitmen untuk menjadi pendamping UMKM di Medan agar dapat naik kelas, salah satunya melalui pembinaan terhadap literasi digital,” sebutnya.

“Kami juga mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh ShopeePay dalam penyelenggaraan acara ini dan dalam mendorong digitalisasi UMKM dari sektor kuliner di Medan,” lanjutnya.

UMKM binaan TP PKK Medan yang turut berpartisipasi dalam Pekan Kuliner Kondang UMKM Medan termasuk UMKM yang menawarkan produk seperti ayam penyet, roti jala, nasi gurih dan lontong, dan martabak.

Afriandi, pemilik bisnis Nasi Gurih dan Lontong Hj Hajrah Simpang Karantina mengatakan, “Kami merasa beruntung dan sangat berterima kasih kepada TP PKK Medan yang telah memberikan pelatihan dalam adopsi teknologi, pengembangan produk, dan pengelolaan bisnis agar kami dapat tumbuh dan bertahan di masa sulit ini. Kami pun senang karena telah diberi ruang dan kesempatan untuk menjangkau banyak pelanggan baru melalui festival kuliner ini.”

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Christin Djuarto mengatakan, “UMKM merupakan fokus kami dalam turut mendorong pemulihan ekonomi Indonesia, termasuk UMKM dari sektor kuliner. Kami merasa senang dan berterima kasih kepada TP PKK Medan atas kesempatan yang diberikan kepada kami untuk mendukung penyelenggaraan acara Pekan Kuliner Kondang UMKM Medan ini,” ucapnya.

“Kami harap acara ini dapat menstimulasi transaksi masyarakat dan membantu keberlangsungan bisnis UMKM di Kota Medan agar dapat bertahan dan tumbuh di tengah situasi pandemi,” tandasnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi