Gempa Bumi Tektonik M 2,0 Terjadi di Karo

Gempa Bumi Tektonik M 2,0 Terjadi di Karo
Peta gempa bumi di Kabupaten Karo, Senin (22/11) malam (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Gempa bumi tektonik dengan kekuatan M=2.0 mengguncang Wilayah Kabupaten Karo, Senin (22/11) malam.

Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Hartanto mengatakan, hasil analisa BMKG menunjukkan gempa bumi tersebut terjadi pada pukul 19.10 WIB.

"Episenter terletak pada koordinat 3.19 LU dan 98.55 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 11 km Timur Laut Kabupaten Karo – SUMUT pada kedalaman 1 kilometer," kata Hartanto.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, kata Hartanto gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi Dangkal.

"Gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar lokal di sekitar kabupaten Karo," ucapnya.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Barusjahe dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan beberapa orang, benda – benda ringan yang digantung bergoyang).

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," terang Hartanto.

Hingga pukul 19.40 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukan aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," imbau Hartanto.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi