Lantik 126 Notaris dan MPD, Kakanwil Kemenkumham Sumut: Berikan Layanan Terbaik

Lantik 126 Notaris dan MPD, Kakanwil Kemenkumham Sumut: Berikan Layanan Terbaik
Kakanwil Kemenkumham Sumut, Imam Suyudi, foto bersama usai pelantikan 126 notaris dan MPD di Ballroom Sudirman Le Polonia Hotel Medan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Utara (Sumut), Imam Suyudi, melantik 126 notaris dan Majelis Pengawas Daerah (MPD). Pelantikan dilaksanakan di Ballroom Sudirman Le Polonia Hotel Medan.

Pelantikan turut dihadiri Kepala Divisi Administrasi, Betni Humiras Purba, dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Purwanto. Pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan 126 orang notaris.

Kakanwil dalam sambutannya menyampaikan, motaris baru bisa menjalankan tugas jabatannya setelah dilantik dan diambil sumpahnya, sebagaimana diatur dalam Pasal 4 Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2004 yang telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2014 tentang Jabatan Notaris.

“Data Ditjen AHU pertanggal 26 November 2021, jumlah notaris di Sumut tercatat sebanyak 1.114 orang. Dengan jumlah sebanyak ini saya harapkan notaris dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dengan bekerja sesuai aturan dan kode etik yang berlaku," kata Imam Suyudi, ditulis Kamis (2/12).

Sebagai informasi, sepanjang 2020 terdapat 43 pengaduan masyarakat, dan pada tahun 2021 terdapat 18 pengaduan yang masuk ke MPD.

"Saya juga berpesan bagi MPD Notaris agar dapat menjalankan pengawasan dan pembinaan Notaris yang ada di Sumut. Sekali lagi saya ucapkan selamat bagi Anda semua, jalankan amanah yang Anda emban dengan penuh tanggung jawab," sebutnya.

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan penyematan pin Ikatan Notaris Indonesia (INI) oleh Ketua Pengurus Wilayah INI Sumut, Ihsan Lubis, kepada perwakilan notaris yang dilantik.

Turut hadir Kepala Subbidang Pelayanan Administrasi Hukum Umum, Surya Darma, Staf Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Sumut dan Pengurus Wilayah INI Sumut.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi