Kelurahan Glugur Darat I Beri Pelatihan Barista dan Olahan Pangan Menyiasati Masa Pandemi

Kelurahan Glugur Darat I Beri Pelatihan Barista dan Olahan Pangan Menyiasati Masa Pandemi
Masyarakat Glugur Darat I antusias mengikuti pelatihan yang berlangsung di salah satu kafe di Jalan Mukhtar Basri Glugur Darat I (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Dalam upaya meningkatkan kemampuan masyarakat untuk menyiasati masa pandemi yang membawa dampak serius terhadap sendi-sendi kehidupan, pihak Kelurahan Glugur Darat I, Kecamatan Medan Timur, menggelar Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat.

Di antara kegiatan tersebut adalah pelatihan Barista atau meracik kopi dengan berbagai cara dan varian, serta membuat olahan pangan dari bahan-bahan sederhana namun mampu menghasilkan pangan yang lezat dan sehat.

Lurah Glugur Darat I, Irsan Nasution, mengatakan kegiatan ini adalah upaya pihak Kelurahan untuk mendorong anggota masyarakat, khususnya yang ada di kelurahan Glugur Darat I untuk mendapatkan pengetahuan dan kemampuan yang bisa menjadi modal bagi mereka untuk mencoba berusaha, khususnya dalam menyiasati masa pandemi Corona.

Sebab apa yang diberikan para fasilitator adalah kiat-kiat praktis yang bisa langsung diterapkan dalam kegiatan sehari-hari, dan tidak membutuhkan modal yang besar.

"Sebagai kepala kelurahan, saya berharap kegiatan pemberdayaan masyarakat ini bisa membawa dampak positif bagi peserta. Mudah-mudahan ini sekaligus bisa merangsang mereka untuk memulai usaha dari rumah, baik dalam bentuk pembuatan makanan olahan, maupun bidang usaha tata-rias," katanya, Kamis (9/12).

Kegiatan yang melibatkan kalangan muda dan usia menengah ini, disambut antusias oleh peserta. Rata-rata berusaha memahami dengan baik apa yang disampaikan fasilitator, dan berharap bisa diterapkan setelah pelatihan selesai.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan ini akan membuka peluang bagi kami untuk terjun ke dunia usaha rumahan, khususnya yang menghasilkan makanan," ucap Ilham salah seorang peserta pelatihan tersebut.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi