Prodi S3 Linguistik USU untuk Pertamakalinya Lahirkan Doktor dari Prodi Mandarin

Prodi S3 Linguistik USU untuk Pertamakalinya Lahirkan Doktor dari Prodi Mandarin
Dosen yang kini menjabat Sekretaris Prodi Bahasa Mandarin FIB USU Dr. Tengku Kasa Rullah Adha, S.S., MTCSOL berhasil mempertahankan disertasinya dalam ujian Promosi Doktor (Sidang Terbuka), Kamis (9/12). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Program Studi S3 Linguistik Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sumatera Utara (USU) melahirkan doktor dari program studi mandarin untuk pertama kalinya. Hal itu setelah Tengku Kasa Rullah Adha, S.S., MTCSOL., berhasil mempertahankan disertasinya dalam ujian Promosi Doktor (Sidang Terbuka), Kamis (9/12).

Dosen yang kini menjabat Sekretaris Prodi Bahasa Mandarin FIB USU itu mempertahankan disertasinya yang berjudul “Proses Penentuan Kompetensi Mahasiswa Mandarin ke Bahasa Indonesia: Studi Kasus Program Studi Bahasa Mandarin Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara” di hadapan Sidang Akademik Fakultas Ilmu Budaya USU.

Ketua Prodi Linguistik Dr. Mulyadi, M.Hum mengatakan, keberhasilan Dr. Tengku Kasa menjadi doktor pertama dari program studi Mandarin akan menjadi pemicu lahirnya doktor berikutnya.

“Saya berharap dengan pencapaian prestasi yang dilakukan oleh Dr. Tengku Kasa dapat memperkuat sumber daya manusia yang ada di Prodi Mandarin khususnya, dan FIB USU,” ucap Dr. Mulyadi.

Dr. Tengku Kasa Rullah Adha, S.S., MTCSOL mengatakan, dalam disertasinya ia melihat bagaimana mahasiswa bisa atau tidak menjadi seorang penerjemah, khususnya dalam kompetensi mereka.

“Karena kita lihat sekarang banyak diminta menjadi penerjemah dalam dunia kerja, jadi saya melihat potensi mahasiswa saya menjadi penerjemah,” jelas Dr. Tengku Kasa.

Ia juga mengungkapkan, setelah ini akan fokus meningkatkan kompetensi mahasiswa FIB untuk dapat bersaing di dunia kerja nasional maupun internasional.

“Saya akan memberikan yang terbaik agar Program Studi Mandarin bisa lebih maju,” ujarnya.

Rektor USU Dr Muryanto Amin, SSos, MSi yang diwakilkan Wakil Rektor I Dr Edy Ikhsan, SH, MA mengucapkan selamat kepada Dr. Tengku Kasa Rullah Adha, S.S., MTCSOL yang telah meraih gelar tertinggi akademik.

"Semoga ilmu yang didapat dapat bermanfaat untuk orang lain, khususnya untuk kemajuan USU secara umum dan khususnya Prodi Bahasa Mandarin, FIB USU," ujar Edy Ikhsan.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi