Kembangkan Riset dan Industri Hulu-Hilir Hasil Penelitian, USU Kerja Sama dengan Prodia

Kembangkan Riset dan Industri Hulu-Hilir Hasil Penelitian, USU Kerja Sama dengan Prodia
Rektor USU Dr Muryanto Amin menunjukkan nota kesepahaman kerja Sama dengan PT Prodia. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Universitas Sumatera Utara (USU) melakukan penandatangan MoU dengan PT Prodia Widyahusada, Tbk sekaligus menyelenggarakan webinar bertajuk "Let's Talk Research OMIC Technologies in Personalized Medicine". Acara tersebut digelar melalui zoom meeting, Jumat (10/12).

Rektor USU Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si mengatakan, kerja sama ini untuk melanjutkan nota kesepahaman sebelumnya dengan meningkatkan kuantitas dan program yang mendukung implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Dalam implementasinya, mungkin ada penyesuaian dalam satuan kerja yang bisa memberikan manfaat secara seimbang antara kedua institusi ini,” kata rektor.

Rektor mengatakan, USU dan PT Prodia Widyahusada, Tbk akan menguatkan kerja sama di bidang riset untuk kegiatan pengembangan ilmu pengetahuan. Serta mewujudkan pengembangan proses bisnis dan penguatan jejaing antara kampus dan dunia industri.

“Dalam konteks MBKM, PT Prodia Widyahusada, Tbk sebagai sebuah industri yang sudah ada di hulu maupun di hilir produknya, bisa diberikan semacam fasilitas sehingga kebutuhan prodia dalam pengembangan ilmu pengetahuan atau jejaring bisa dibantu USU,” jelas Dr. Muryanto.

Selain itu, USU dan PT Prodia Widyahusada, Tbk menginginkan pembinaan sumber daya manusia yang berasal dari USU, terutama mahasiswa. Tak hanya dengan Fakultas Kedokteran, juga akan dikembangkan bentuk kerja sama dengan fakultas lainnya.

“Akan dibuat program misalnya pengabdian masyarakat seperti desa sehat yang diinisiasi oleh USU dengan Prodia,” lanjutnya.

Dr. Muryanto berharap kerja sama ini dapat memberikan kebermanfaatan dari bagi kepentingan masyarakat.

Presiden Director of PT Prodia Widyahusada, Tbk, Dr. Dewi Muliaty, M.Si mengatakan, sebelumnya juga telah terjalin kerja sama antara USU dan PT Prodia Widyahusada, Tbk, seperti support sponsorship acara ilmiah serta seminar penelitian dan kepenulisan.

“Selain itu, juga sudah ada 321 penelitian dari FKUSU, kami berharap ke depannya semakin bertambah mahasiswa ataupun dosen USU yang dapat memanfatakan layanan penelitian yang dimiliki Prodia,” ucap Dr. Dewi.

Ia menambahkan, PT Prodia Widyahusada, Tbk juga mempunyai fasilitas pemeriksaan terbaru untuk menunjang penelitian klinis bagi mahasiswa dan dosen. Dosen dan mahasiswa USU juga dapat menafaatkan jurnal dari PT Prodia Widyahusada, Tbk yang telah terindeks scopus,

“Jika kerjasamanya sudah sampai ditingkat universaitas, penelitian yang bisa dikerjakan tidak terbatas hanya dengan FK, fakultas lainnya bisa juga melakukan kerja sama penelitian dengan Prodia,” tuturnya.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi