Mahasiswa Indonesia Didorong Raih Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri

Mahasiswa Indonesia Didorong Raih Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri
Webinar Beasiswa (Tangkapan Layar)

Analisadaily.com, Medan - Pusat Bahasa Univeristas Muhammadiyah Sumatera Utara telah berhasil melaksanakan kegiatan Webinar Beasiswa Serie Sesi I dengan tema Sukses Meraih S2 di Luar Negeri.

Webinar Beasiswa yang dihadiri Prof. Rudianto selaku Wakil Rektor III UMSU sebagai opening speech kegiatan tersebut. Lalu, Rini Ekayati selaku Ketua Pusat Bahasa UMSU.

Kemudian Staff Pusat Bahasa UMSU yang diikuti oleh univeristas yang ada di Indonesia, mulai dari mahasiswa UMSU, UINSU, STAI UISU Pematangsiantar, Universitas Muhammadiyah Tangerang, USU, Alumni UMSU, SMP Budisatrya Medan, Universitas Muhammadiyah Magelang, Harapan Satu, dan Pemuda Muhammadiyah.

Kegitan ini dilaksanakan 2 kali. Sesi S2 dilaksankan pada 21 Desember 2021 dan untuk S3 dilaksanakan pada 4 Januari 2022.

Kegiatan ini bermaksud untuk memperkenalkan dan menginformasikan mengenai beasiswa S2 dan S3 ke luar negeri dari beberapa beasiswa seperti LPDP dan beasiswa yang ditawarkan oleh kampus tujuan.

“Webinar ini diharapkan mampu memudahkan mahasiswa dan dosen dalam mewujudkan mimpi meraih beasiswa di luar negeri,” kata Rini, Jumat (24/12).

Adapun narasumber pada kegiatan ini merupakan awardee LPDP dari Monash University yaitu Khairun Nissa, Irma Andriyani Nasution, yang sekarang masih menempuh pendidikan di Columbia University.

Para narasumber juga sangat detail memaparkan tentang apa yang harus disiapkan pejuang beaiswa dan tantangan apa saja yang akan dihadapi.

Peserta sangat antusias dengan materi yang disampaikan oleh kedua narasumber, terbukti banyak peserta aktif bertanya tentang perbedaan sistem pendidikan di luar negeri dan di Indoensia tentang penelitian serta cara belajar.

“Tak ada beasiswa yang mudah, semuanya tergantung pada diri sendiri yang tidak menyerah dan terus mencoba untuk meraihnya, karena ada banyak beasiswa yang tersedia,” sebut Irma.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi