Bukit Sibea-bea, Bukit Wisata Rohani yang Sedang Viral

Bukit Sibea-bea, Bukit Wisata Rohani yang Sedang Viral
Bukit Sibea-bea dengan pemandangan jalanan berlikuk menghadap Danau Toba (Analisadaily/Junaidi G)

Analisadaily.com, Samosir - Sejak pandemi Covid-19 merebak, tentu agak sulit bagi kita untuk berwisata ke luar negeri. Belum lagi aturan karantina yang berlaku di sejumlah negara dan rasa was-was jika terinfeksi virus tersebut saat sedang melancong. Tentu pilihan berwisata di dalam negeri adalah pilihan yang tepat untuk saat ini.

Salah satu lokasi wisata di Sumatera Utara yang sedang banyak diperbincangkan atau viral di sejumlah media sosial adalah Bukit Sibea-bea. Sibea-bea merupakan tempat wisata rohani yang terletak di Desa Partungko Naginjang, Kecamatan Harian Boho, Kabupaten Samosir, Sumut.

Tempat ini menawarkan pemandangan indah jalan berlikuk yang menghadap ke Danau Toba. Keindahan tersebut cocok menjadi spot foto instagramable yang disukai orang-orang di media sosial.

Patung Yesus (ist)
Selain likuk jalan viral yang menjadi spot foto, pada lokasi ini juga sedang dibangun Patung Yesus Kristus setinggi 61 meter di atas puncak Bukit Sibea-bea. Patung tersebut diklaim akan menjadi Patung Yesus tertinggi di dunia.

Memang tempat wisata ini terletak jauh dari Kota Medan, berjarak sekitar 170-an Kilometer dari Medan. Namun lokasi wisata ini berdekatan dengan Menara Pandang Tele, Bukit Holbung dan Air Terjun Efrata.

Ada beberapa cara untuk mencapai tempat wisata ini, yakni mengambil jalur tempuh Kota Berastagi atau Kota Parapat. Jika dari Berastagi, kita akan melewati Merek (Taman Simalem), Sidikalang dan Seribudolok. Lalu tiba di pertigaan jalan menuju Menara Pandang Tele.

Jika punya waktu lebih dan ingin perjalanan yang sedikit santai, maka pilihlah jalur Kota Parapat lalu menyeberang ke Pulau Samosir lewat Pelabuhan Ajibata (Parapat) ke Tomok di Samosir. Kemudian, bermalamlah di Tuk-tuk, Samosir. Dari Tuk-tuk kita dapat melanjutkan perjalanan menuju ke Kota Pangururan, kemudian melewati Jembatan Aek Tano Ponggol yang menghubungkan Pulau Sumatera dengan Pulau Samosir menuju Menara Pandang Tele.

Sebelum mencapai Tele, Pada pertengahan jalan terdapat petunjuk jalan menuju Bukit Sibea-bea. Agar kita tak salah jalan dan nyasar, kita juga dapat memakai aplikasi navigasi untuk menuntun kita sampai ke tempat wisata tersebut.

Semoga tempat wisata baru ini dapat menjadi salah satu pilihan bagi anda menghabiskan liburan tahun baru nanti. Liburan ya di Sumut aja!

Editor:  Junaidi Gandy

Baca Juga

Rekomendasi