Puluhan Relawan Bersihkan Rumah Warga Pascabanjir Bandang Sutam

Puluhan Relawan Bersihkan Rumah Warga Pascabanjir Bandang Sutam
Pelaksana tugas (Plt) Bupati Padanglawas (Palas) Ahmad Zarnawi Pasaribu memimpin langsung apel relawan Permata Hijau Group (PHG) dalam rangka pembersihan rumah warga terdampak banjir bandang (Analisadaily/Atas Siregar)

Analisadaily.com, Batanglubu Sutam - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Padanglawas (Palas) Ahmad Zarnawi Pasaribu memimpin langsung apel relawan Permata Hijau Group (PHG) dalam rangka pembersihan rumah warga terdampak banjir bandang di Kecamatan Batanglubu Sutam, Desa Tanjung Baru.

Sebanyak 50 orang relawan PHG diterjunkan dalam pembersihan rumah warga pascapemulihan lokasi banjir bandang yang telah mempora-porandakan Desa Tamiang, Tanjung Baru, Tanjung Barani, dan Desa Manggis, Kecamatan Batanglubu Sutam.

Ahmad Zarnawi mengucakan terima kasih kepada para relawan yang telah ikhlas membantu warga yang kesulitan saat ini.

"Mari kita membantu dengan ikhlas, yang mana kita biasanya berada di kantor atau di perusahaan, maka hari ini dengan izin Allah SWT kita bisa bersama membantu sekaligus berinteraksi dengan masyarakat, sehingga ikatan perusahaan dengan masyarakat semakin terjalin," ucapnya, Senin (10/1).

Zarnawi menambahkan, para relawan difokuskan melakukan pembersihan rumah warga dengan target 2 sampai 3 rumah per OPD. Sehingga masyarakat dapat kembali beraktifitas seperti biasa di dalam rumah.

Ditambahkannya, secara geografis, geologis, demografis, maupun hidrometeorologis, Palas masuk wilayah rawan bencana. Dibutuhkan kewaspadaan potensi terjadinya bencana alam dalam memasuki musim hujan.

"Palas sangat rentan terjadi bencana ketika musim penghujan, seperti bencana banjir, tanah longsor, dan angin kencang. Memasuki musim hujan ini perlu diwaspadai adanya masa transisi atau pancaroba," sebutnya.

(ATS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi