Terlalu Mirip Polisi, Seragam Satpam Bakal Diubah Jadi Warna Krem

Terlalu Mirip Polisi, Seragam Satpam Bakal Diubah Jadi Warna Krem
Ilustrasi (Detik.com)

Analisadaily.com, Jakarta - Polri sedang mengkaji perubahan warna seragam satpam yang saat ini dinilai terlalu mirip polisi.

"Masih dalam proses pengkajian, warna baju cokelat muda akan berubah menjadi warna krem," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan, dilansir dari detikcom, Kamis (13/1).

Ramadhan mengatakan seragam satpam saat ini terlalu mirip dengan seragam Polri yang berwarna cokelat. Menurutnya kemiripan seragam satpam dengan polisi kerap membuat masyarakat bingung.

"Argumentasinya, seragam sekarang terlalu mirip dengan seragam Polri, sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan polisi dan satpam," ucapnya.

Lebih lanjut Ramadhan menjelaskan, satpam merupakan pengembang fungsi kepolisian terbatas sehingga harus memiliki identitas yang berbeda dengan Polri.

"Satpam merupakan profesi baru sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas. Perlu memiliki identitas sendiri yang berbeda dengan Polri selaku pembinanya," tutur Ramadhan.

Ramadhan mengungkapkan warna seragam satpam yang baru ini akan diperkenalkan pada HUT Satpam nanti. Seragam bakal diberlakukan usai disahkan penggunaannya.

"Pada HUT Satpam akan diperkenalkan warna seragam yang baru, dan akan diberlakukan setelah selesai pengkajian, dan diberikan waktu setahun setelah disahkan penggunaannya," tukasnya.

(EAL)

Baca Juga

Rekomendasi