Kapolri: Sistem Keamanan IKN Baru 'Smart Security'

Kapolri: Sistem Keamanan IKN Baru 'Smart Security'
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam kunjungan ke lokasi ibu kota negara yang baru (Antara)

Analisadaily.com, Penajam Paser Utara - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menyebut sistem keamanan Ibu Kota Negara (IKN) baru dengan nama Nusantara berbasis internet atau "smart security" yang dipadukan dengan perkembangan teknologi mumpuni.

Sistem keamanan berbasis "smart security" tersebut diungkapkan Listyo Sigit Prabowo saat meninjau lokasi IKN baru di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Konsep keamanan disusun agar dapat memberikan keamanan masyarakat di IKN Nusantara," kata Listyo Sigit, dilansir dari Antara, Minggu (30/1).

Dengan perpindahan IKN Indonesia, katanya, Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) dipastikan berpindah ke IKN Nusantara.

Menurut gedung Mabes Polri di IKN baru bakal dibangun di atas lahan seluas 3,8 hektare, namun ada usulan ditambah menjadi 30 hektare.

"Kawasan untuk Mabes Polri disiapkan 3,8 hektare, tapi ada usulan dari Gubernur Kalimantan Timur untuk ditambahkan 30 hektare," jelasnya.

Keberadaan Mabes Polri, sambung Listyo, nantinya akan mengusung konsep "smart forest city" karena IKN Nusantara mengusung konsep yang ramah lingkungan.

Dengan pembangunan IKN baru di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara di Provinsi Kalimantan Timur tersebut, katanya, diharapkan terjadi pemerataan pembangunan dan ekonomi.

"Kami berharap beban yang selama ini terpusat di Jakarta dapat terbagi dengan adanya IKN baru," ujarnya.

Kapolri mengatakan kunjungan ini untuk memastikan perkembangan pembangunan sejumlah fasilitas penunjang IKN Nusantara berjalan lancar, bahkan secara umum tidak ada kendala.

"IKN baru telah ditetapkan, selanjutnya kami memastikan pembangunan bisa berjalan aman dan lancar," tukas Listyo Sigit Prabowo.

(EAL)

Baca Juga

Rekomendasi