Rektor USU Luncurkan Produk Inovasi Para Inventor Mulai dari Gula Merah Sampai Hand Sanitizer

Rektor USU Luncurkan Produk Inovasi Para Inventor Mulai dari Gula Merah Sampai Hand Sanitizer
Rektor USU Luncurkan Produk Inovasi Para Inventor Mulai dari Gula Merah Sampai Hand Sanitizer. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Muryanto Amin resmi meluncurkan produk-produk inovasi dari para inventor dosen dan mahasiswa USU untuk digunakan di lingkungan sivitas akademik.

PT Pembangunan Almamater Sejahtera (PAS) digandeng untuk memasarkan produk dan produksi massal lima produk inovasi yang dirilis, di antaranya Ina Klin yang terdiri atas sabun cuci piring, pembersih lantai, dan sabun cuci tangan yang diinventori oleh Prof Dr. Ir Rosdanelli Hasibuan, MT dari Teknik Kimia Fakultas Teknik (FT) USU.

Lalu ada produk Gula Emasku berupa gula yang dihasilkan dari aren alami yang diinventori oleh Ir. Neyti Herlina, MT dari Teknik Lingkungan FT USU.

Kemudian ada produk hand sanitizer Hanspas yang diinventori oleh Imam Bagus Sumantri S. Farm., MSi, Apt. Proses produksi sejumlah produk inovasi ini juga tidak terlepas dari andil para mahasiswa.

Rektor menyampaikan seluruh fakultas dan sivitas akademika yang ada di USU akan diimbau untuk menggunakan produk-produk tersebut dalam aktivitas sehari-hari.

“Nanti akan ada imbauan untuk seluruh humas civitas akademika dari mulai fakultas, prodi, dan seterusnya untuk menggunakan produk ini dalam aktivitas sehari-hari,” ucapnya.

Rektor menjelaskan, pemasaran sejumlah produk inovasi ini akan menyasar seluruh kalangan masayarakat. Baik dari level rumah tangga maupun perusahaan.

“Semua hal ini, penjualan akan kita lakukan, kepada masyarakat umum, perusahaan semua akan kita lakukan. Sasaran utamanya tentu masyarakat umum,” tambah Dr. Muryanto Amin.

Direktur PT PAS, Ryalsah Putra S.E., M.Si berharap agar produk yang diciptakan dapat dipertahankan dan dapat diterima oleh pasar. Selain itu, dengan diadakannya acara ini, ia juga berharap agar para inventor terpicu untuk dapat bekerja sama dengan PT PAS.

“Pertama harapannya produknya sustain, diterima oleh pasar, dan juga menjadi trigger para inventor lain untuk bisa bekerja sama dengan PAS,” tutur Ryalsah Putra.

Komisaris PT PAS USU Doli Dalimunthe, S.E.,M.Si turut menyampaikan, peluncuran produk inovasi ini menjadi langkah bahwa USU siap bertransformasi menjadi entrepreuner university.

“Eksistensi PT PAS dapat menjadi pihak garda terdepan dalam hal membangkitkan kewirausahaan di USU,” tambahnya.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi